AA Umbara-Hengky Kurniawan Menang di Bandung Barat

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia
Senin, 09/07/2018 14:26 WIB
AA Umbara-Hengky Kurniawan Menang di Bandung Barat
Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan AA Umbara Sutisna dan artis Hengky Kurniawan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Barat sebagai pemenang dalam Pilkada serentak 2018. Dengan kemenangan ini, AA Umbara dan Hengky bakal menduduki kursi Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat.

Merujuk dari hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU Bandung Barat dalam rapat pleno, Kamis (5/7), AA Umbara-Hengky memperoleh suara terbanyak dari pasangan lain. Paslon yang diusung Demokrat, PAN, PKS, PKPI, dan NasDem ini mengantongi 420.137 suara.

Mereka berhasil mengalahkan paslon Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati. Pasangan yang diusung Golkar, Hanura dan Gerindra itu hanya meraih 250.627 suara.

Sementara itu, paslon Elin Suharliah-Maman Sulaeman Sunjaya berada di posisi paling buncit dengan 194.936 suara. Paslon tersebut diusung PDIP, PPP, dan PKB.

Nurul Arifin Gagal di Kota Bandung

Sementara di tempat lain, Ketua DPP Golkar Nurul Arifin gagal menjadi Wali Kota Bandung lantaran kalah dalam Pilkada Kota Bandung 2018. Hal ini diketahui usai KPU Kota Bandung selesai melakukan rekapitulasi dan menetapkan hasilnya melalui rapat pleno, Kamis (5/7).

Hasil rekapitulasi KPU, pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat memperoleh suara paling sedikit dibanding dua paslon lainnya. Nurul-Chairil yang diusung oleh Golkar, Demokrat dan PKB, hanya mampu meraih 310.418 suara.

Paslon Yossi Irianto-Aries Supriyatna memperoleh 330.730 suara. Paslon ini diusung oleh PDIP, PPP, NasDem, dan Hanura.

Sementara itu, Paslon Oded Mohamad Danial-Yana Mulyana memperoleh suara paling banyak, yakni 634.682 suara. Dengan demikian, paslon yang diusung Gerindra-PKS tersebut dinyatakan sebagai pemenang Pilwalkot Bandung.

Sementara warga Kota Bandung yang menyalurkan hak suaranya sebanyak 1.305.872 suara. (osc)