Layanan Situs Info Pemilu Dinonaktifkan Sementara oleh KPU

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia
Minggu, 01/07/2018 02:20 WIB
Layanan Situs Info Pemilu Dinonaktifkan Sementara oleh KPU
Situs pengecekan hasil pilkada serentak secara mutakhir yakni Info Pemilu (www.infopemilu.kpu.go.id) tak bisa diakses karena layanannya dinonaktifkan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs pengecekan hasil pemilu secara mutakhir yakni Info Pemilu (www.infopemilu.kpu.go.id) tak bisa diakses pada Sabtu (30/6) malam hingga Minggu (31/6) dini hari ini.

Saat diakses CNNIndonesia.com, situs yang dikelola Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu menampilkan logo institusi serta kotak dialog berisikan sebaris pesan.


Situs Info Pemilu Dinonaktifkan KPUSitus infopemilu hanya menampilkan barisan kalimat dalam kotak dialog yang ditujukan kepada pembaca informasi lewat internet. (infopemilu.kpu.go.id)

Sebuah kotak di bawah logo KPU itu terdapat catatan,'Untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi Hasil Pemiihan, untuk sementara layanan ini kami tidak aktifkan.'

Demikian pesan yang disematkan dalam situs KPU tersebut. Belum ada keterangan resmi baik dari KPU terkait penutupan layanan di situs info pemilu ini.


Sebelumnya, kemarin banyak peselancar dunia maya yang mengeluhkan kandasnya usaha mereka untuk masuk ke situs infopemilu. Pasalnya. situs itu tercatat beberapa kali tak ada sinyal atau down.

Atas hal tersebut, Ketua KPU mengatakan pihaknya memang melakukan sistem buka-tutup situs guna meminimalisasi upaya peretas (hacker) menyelusup ke dalam situs infopemilu.

Buka-tutup situs tersebut, menurut Arief dilakukan sekaligus untuk membersihkan serangan-serangan yang masuk ke laman resmi KPU tersebut. 



(kid/kid)