logo CNN Indonesia

PDIP Berpeluang Usung Kembali Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng

, CNN Indonesia
PDIP Berpeluang Usung Kembali Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng PDIP membuka peluang untuk kembali mengusung petahana Ganjar Pranowo di Pilgub jateng. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka peluang untuk kembali mengusung petahana Ganjar Pranowo sebagai bakal calon gubernur pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya memiliki tradisi untuk mencalonkan kembali petahana atau inkumben pada pemilihan kepala daerah untuk periode kedua.

"PDIP memberikan kesempatan pada inkumben untuk dicalonkan kembali dan tahapan partai tinggal melakukan evaluasi. Inkumben mendapatkan skala prioritas untuk dicalonkan meskipun itu bukan jaminan," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (13/8).
Dengan catatan sang petahana mampu menjalankan tugas yang sejalan dengan kebijakan partai, terutama untuk membumikan Pancasila.

Tradisi itu, lanjutnya, telah dilakukan di era Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Joko Widodo saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Semuanya memimpin selama dua periode karena dianggap berhasil.

"Itu sebuah tradisi yang bagus karena kemampuan mengubah dalam 5 tahun itu tidaklah cukup. Paling tidak, untuk menjabat dan membuat sejarah di dalam kepemimpinannya diperlukan dua kali periode masa jabatan," ujarnya.
Sementara itu, Hasto mengakui bahwa Ganjar yang saat ini berstatus saksi kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) karena namanya disebut ikut menerima bagian, menjadi pertimbangan tersendiri.

"Ya tentu saja itu menjadi pertimbangan tapi kami melihat bahwa itu sudah dilakukan klarifikasi dengan Pak Ganjar Pranowo," katanya.

Namun PDIP, kata dia, menghormati proses persidangan yang masih terus berjalan dan tidak mengintervensi terhadap proses hukum yang dihadapi Ganjar. Hasto memastikan partainya tidak akan mencalonkan orang yang berstatus tersangka.
"Kami mencoba membangun tradisi bagaimana mencalonkan calon yang tidak punya masalah secara hukum. Tetapi asas praduga tidak bersalah tetap kami hormati," kata Hasto.

Sebelumnya, Ganjar resmi mendaftar kembali sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah menjelang jam penutupan masa pendaftaran yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah.

Didampingi istrinya, Siti Atikoh, Ganjar datang ke Panti Marhaen Sekretariat DPD PDIP Jawa Tengah di Jalan Brigjen Katamso Semarang, Jumat (11/8) sekitar pukul 15.30 WIB.

Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah ini pun disambut Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko dan Sekretaris DPD Bambang Kusriyanto, yang kemudian dilanjutkan dengan pengembalian berkas formulir dan syarat pendaftaran.
(pmg)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video