Review Game

Line Get's Rich, Jadi Kaya di Dunia Maya.

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Selasa, 05/08/2014 11:01 WIB
Line Get's Rich, Jadi Kaya di Dunia Maya.
Jakarta, CNN Indonesia -- Line tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi pesan instan, namun di dalamnya juga ada fungsi lain beruba game interaktif yang dapat dimainkan secara gratis, seperti Line Get’s Rich.

Beberapa game keluaran Line memang telah menarik perhatian para pengguna gadget di Indonesia, debut saga Line Pokopang dan Line Cookie Run. Tercatat ratusan ribu pengguna mengunduh game ini dari Google Play dan Apple App Store.

Belum lama ini Line kembali meramaikan industry game ponsel. Line Let's Get Rich, game klasik monopoly yang dikemas lebih modern dengan beberapa fitur tambahan dari ala Line.


Game interaktif ini tersedia untuk ponsel atau tablet dengan sistem operasi Android dan iOS (Apple). Untuk android, dibutuhkan minimum sistem operasi 2.3 (Gingerbread) sedangkan untuk iOS permainan ini dapat berjalan pada iOS 4.3 ke atas.

Dengan ukuran sebesar 40 MB game ini dapat diunduh secara gratis di Google Play dan Apple App Store. Tercatat lebih dari 5 juta pengguna yang mengunduh game ini dengan rating bintang lima dari 300 ribu lebih pengguna. Banyak yang mengaku tertarik dengan game ini, tapi ada pula yang mengeluhkan soal bug yang berada di dalamnya.

Seru Game Monopoly di Ponsel

Untuk memainkan game ini pemain harus punya akun Line agar bisa login.

Game ini pada dasarnya adalah permainan monopoly yang dimainkan secara virtual. Peraturan yang digunakan juga sama dengan permainan monopoly yang biasa dimainkan di dunia nyata sehingga tidak akan butuh waktu lama bagi para pemain untuk memahami permainan ini.

Dalam game ini pemain akan dihadapkan pada delapan karakter berbeda yang akan digunakan dalam permaian. Setiap karakter dapat menaikkan levelnya jika memperoleh kemenangan dalam setiap permainan. Seorang pemain dinyatakan menang jika lawannya mengalami kebangkrutan.

Agar bisa menang dan kaya raya, setiap pemain harus bisa mengatur strategi pengeluaran uang yang digunakan agar tidak mengalami kebangkrutan. Pemain dapat mengatur semua pengeluaran mulai dari, perencanaan anggaran untuk membeli kota, hingga pengeluaran untuk membuat bangunan di kota yang telah dibeli.

Perbedaan permainan ini dengan monopoly biasa, dalam permainan ini pemain dapat membuat sebuah bangunan yang yang menjadi ciri khas pada kota tertentu. Kota Jakarta juga masuk dalam permainan ini sehingga pemain yang telah membeli kota ini dapat membuat bangunan yang menjadi ciri khasnya, Monas.

Permainan ini memang cukup membuat ketagihan, bahkan di Indonesia ada forum khusus yang membahas mengenai game ini dan menjadi tempat berkumpulnya para pemain untuk berbagi informasi.

Permainan ini terasa cukup ringan dan tidak terlalu membebani kinerja pada ponsel/tablet mengingat grafis yang ditunjukan pada permainan ini hanya sebatas 2D. Tidak ada yang istimewa pada kualitas grafis, namun tidak mempengaruhi daya tarik permainan untuk dimainkan.

Untuk dapat memainkan Line Get's Rich dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Ketika melakukan mencici game ini, penulis menggunakan ponsel Samsung galaxy S2 dengan prosesor dua inti dan koneksi internet kecepatan 3G.

Dengan menggunakan perangkat dan kecepatan data 3G, permainan ini dapat berjalan dengan stabil tanpa adanya lag. Namun ketika koneksi menurun menjadi EDGE akan terjadi lag sesaat bahkan jika terus menerus mendapatkan kecepatan data ini, permainan akan tertutup dengan sendirinya.

Ketika memenangkan permainan, poin yang didapat setiap pemain akan terus meningkat. Poin ini yang akan menentukan peringkat pemain di antara pemain lainnya dan poin ini dapat dibagikan pada linimasa Line Messaging sehingga pengguna Line yang lain dapat melihat dan memberikan komentar pada poin yang kita dapatkan dalam permainan.

Selain itu pemain dapat saling berbagi clover yang dapat digunakan untuk melanjutkan permainan jika seorang pemain mengalami kekalahan.

Berdasarkan detail yang tercatat di Google Play, versi yang dapat diunduh adalah 1.0.0 hal ini tidak menutup kemungkinan untuk diluncurkan versi berikutnya untuk memperkecil jumlah masalah bug yang ada.




ARTIKEL TERKAIT