Jutaan Perangkat Android Terjangkit Virus Berbahaya

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Selasa, 05/08/2014 14:57 WIB
Jutaan Perangkat Android Terjangkit Virus Berbahaya
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah virus berbahaya diketahui telah menjangkit jutaan perangkat Android di China. Program jahat itu terbilang canggih, karena bisa menular melalui SMS.

SMS yang disebarkan virus tersebut disertai sebuah tautan yang merujuk ke situs tertentu. Saat diklik, secara otomatis pengguna langsung mengunduh aplikasi jahat yang siap menyebarkan diri.
Menurut SophosLabs virus ini diidentifikasi sebagai malware yang bernama Andr/SlfMite-A.

Akhir-akhirnya ini malware untuk ponsel memang semakin sering ditemukan. Malware seringkali digunakan untuk ‘mengganggu’ perangkat yang terinfeksi bahkan, jika dibiarkan malware dapat merusak sistem dari perangkat tersebut.


Saat ini, virus dan malware banyak menyebar melalui layanan pesan mulai dari email hingga SMS. Bahkan, program jahat itu bisa menyusup dengan menyamar sebagai email dari instansi resmi atau akun pribadi seseorang. Hal itulah yang banyak mengecoh korban untuk tautan yang ditampilkan pada isi pesan.

Malware Andr/SlfMite-A yang baru baru ini ditemukan oleh SophosLabs juga mengambil keuntungan yang sama, yaitu mengandalkan rasa saling percaya. Perbedaannya, malware ini menyebar melalui SMS yang menginfeksi perangkat berbasis android.

Malware jenis ini ‘mengganggu’ perangkat dengan cara menyebarkan pesan berisi link yang sebelumnya diklik ke kontak android yang ada pada perangkat yang telah terinfeksi. Akibatnya, aktivitas yang disebabkan malware ini memakan biaya telepon yang besar.

Banyak korban yang terpancing membuka link yang tercantum dalam SMS tersebut, karena memang pesan itu disampaikan melalui daftar kontak yang dikenal.

Secara teori malware ini menyebar secara eksposional. Satu korban pertama dapat menyebarkan malware ini ke 20 kontak yang ada pada ponselnya bahkan lebih.

Namun dalam prakteknya, teori ini tidak sepenuhnya benar. Banyak orang yang dengan sengaja mengabaikan bahkan menghapus pesan yang terlihat mencurigakan dengan mencantumkan sebuah tautan.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh SophosLabs, tautan yang tertera pada SMS adalah pemendek url goo.gl.