Google Street View

Di Uni Emirat Arab, Mobil Google Diganti Unta

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 10/10/2014 10:30 WIB
Di Uni Emirat Arab, Mobil Google Diganti Unta Pemetaan Gurun Liwa yang menggunakan Unta (dok.Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak semua wilayah Uni Emirat Arab bisa dilalui kendaraan bermobil. Ini yang akhirnya membuat Google untuk memakai Unta.

Google memang berniat ingin memetakan semua wilayah yang dianggap menarik, termasuk Gurun Liwa yang berada di Arab. Wilayah inipun kemudian dipotret dan disatukan dalam Google Street View.

Namun cara pemetaan Google Street View tidak seperti biasanya. Jika di area lain Google memakai mobil atau sepeda yang dilengkapai peralatan khusus, di Gurun Liwa Google memakai Unta.


Unta tersebut dibekali kamera yang memetakan berbagai lokasi di gurun dan bukit-bukit pasir setinggi 25-40 meter. Liwa merupakan salah satu situs tertua di Uni Emirat Arab karena rangkaian bukit pasir ini merupakan rumah bagi para pemukim pertama di akhir zaman batu.

Oasis Liwa adalah salah satu lokasi menarik, ini adalah oasis terbesar di semenanjung Arab. Sebagian besar penduduk di kawasan Uni Emirat Arab berasal dari suku-suku pertama yang bermukim di sana dan membangun tempat tersebut menjadi pusat perdagangan. Oasis tersebut juga merupakan tempat perkebunan kurma, yang pohon-pohon dan buahnya merupakan salah satu simbol kebudayaan.

Kini pengguna tak perlu pergi langsung ke Uni Emirat Arab untuk menikmati keindahan oasis itu, cukup dengan merujuk ke laman Google Street View dan pengguna bisa menikmati keindahan gurun dari depan komputer.

Pohon Palma yang tumbuh di sekitar oasis Liwa