Kedatangan Zuckerberg

Pendiri Facebook Nikmati Candi Borobudur

Aditya Panji, CNN Indonesia | Minggu, 12/10/2014 12:17 WIB
Pendiri Facebook Nikmati Candi Borobudur Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam sebuah acara di New Delhi, India, 9 Oktober 2014. REUTERS/Adnan Abidi
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, telah sampai ke Indonesia sejak Sabtu (11/10). Ia memanfaatkan waktu akhir pekan untuk menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Seusai melihat matahari terbit, Zuckerberg menulis status terbaru di akun Facebook-nya. "Saya baru tiba di Indonesia dan langsung mendaki ke Borobudur untuk menyaksikan matahari terbit. Besok untuk acara Internet.org saya akan bertemu dengan pengembang aplikasi, mitra operator, dan pemimpin pemerintahan di Jakarta," tulisnya.

Di Jakarta, Zuckerberg akan berbicara soal manfaat akses internet untuk memudahkan kehidupan manusia. Selain itu, ia juga bicara soal pemanfaatan data atau jaringan internet yang lebih efisien dan kerja sama industri untuk mengurangi jumlah data dan sinyal yang diperlukan dalam menggunakan aplikasi dan mengakses layanan internet lain.


Pengembang aplikasi akan mendapatkan informasi lebih rinci bagaimana membangun aplikasi agar lebih efisien ketika diakses dari internet.

Internet.org merupakan organisasi yang didirikan oleh Facebook dan sejumlah perusahaan teknologi dan telekomunikasi yang mendukung penyebaran akses internet di berbagai negara, terutama di negara berkembang.

Jumlah pengguna Facebook pada Juni 2014 tercatat ada 1,32 miliar. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia. Hingga September 2014, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 69 juta dan 61 juta di antaranya mengakses dari perangkat mobile.

Perusahaan jejaring sosial internet terbesar ini resmi membuka kantor di Indonesia pada Maret 2014, dipimpin oleh Anand Tilak sebagai Head of Facebook Indonesia.