Zuckerberg ke Jakarta

Temui Jokowi, Zuckerberg Ingin Internet Murah

Resty Armenia, CNN Indonesia | Senin, 13/10/2014 08:38 WIB
Temui Jokowi, Zuckerberg Ingin Internet Murah Mark Zuckerberg saat mengisi acara internet.org di India (Reuters/Adnan Abidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri sekaligus CEO Facebook dijadwalkan mengunjungi Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Balai Kota DKI Jakarta. Agenda dasar pertemuan tersebut adalah soal internet yang harus dijangkau semua kalangan.

"Kedatangan Mark dalam rangka memperkenalkan inisiatif global tentang Internet.org,” ucap Maria Tourma, Komisaris PT Owen Strategik Media sebagai pihak yang mengatur kedatangan Mark.

Internet.org sendiri merupakan sebuah gerakan yang dirintis Zuckerberg untuk mewujudkan internet murah, 100 kali lebih murah dari tarif saat ini. Gerakkan ini juga didukung oleh Samsung, Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera Software, dan Qualcomm.


Gerakkan internet.org sudah diperkenalkan di beberapa negara, dan kini pemuda terkaya di dunia itu datang ke Indonesia khusus untuk menemui para pemangku kepetingian soal internet di negeri ini.

“Diharapkan warga Indonesia yang terhubung ke internet semakin meningkat,” kata Maria.

Ada enam pointer pembicaraan yang akan disampaikan Mark kepada Jokowi yakni, menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi selaku presiden terpilih, menyampaikan apresiasi tertinggi kepada Presiden terpilih atas pemanfaatan aplikasi Facebook dalam proses demokrasi yang baru saja berlangsung bulan Juli 2014.

Nantinya Zuckerberg juga akan menyampaikan maksud Facebook untuk terus mendukung Presiden terpilih dengan solusi akses internet yang terjangkau. Ia juga ingin bekerjasama dengan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden terpilih dalam memperluas penetrasi internet di Indonesia, termasuk memberikan solusi infrastruktur penyediaan internet.

Zuckerberg juga ingin mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis pemanfaatan internet. Pria yang baru tiba di Jakarta itu juga mau melakukan sinergi program inisiatif global yang digagas Facebook, dengan program e-blusukan yang diinisiasi oleh Presiden terpilih.

Usai pertemuannya dengan Jokowi, Mark akan mengadakan sesi wawancara eksklusif dengan sejumlah media, termasuk CNN Indonesia, di Hotel Four Seasons. Selanjutnya, ia akan mendatangi agenda utama kedatangannya di Indonesia, yakni acara Internet.org Developer Workshop di @america, Pacific Place, SCBD.

Selain Jokowi, Zuckerberg juga diagendakan untuk mendatangi beberapa pejabat dan kementerian, salah satunya yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebelumnya, suami Priscilla Chan ini menyempatkan diri untuk menghabiskan akhir pekannya untuk mengunjungi Candi Borobudur. Foto Zuck yang tengah menikmati pemandangan matahari terbit di kompleks stupa Candi Borobudur pun diunggah di akun Facebook miliknya.