Zuckerberg ke Jakarta

Asa Mengantar Internet ke Pelosok Dunia

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Senin, 13/10/2014 12:04 WIB
Asa Mengantar Internet ke Pelosok Dunia Pendiri situs media sosial Facebook Mark Zuckerberg berkunjung ke Indonesia untuk mempromosikan internet.org. Dalam lawatannya dia ke Yogyakarta dan Jakarta. Pada Senin (13/10) dia bertemu dengan presiden terpilih Joko Widodo di Balai Kota Pemerintah Daerah DKI Jakarta di Merdeka Selatan, Jakarta. (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg hari ini mengunjungi Indonesia untuk mensosialisasikan program internet.org. Sebenarnya apa itu program internet.org?

Dikutip dari halaman facebook Mark Zuckerberg, internet.org mulai diperkenalkan sejak setahun lalu. Internet.org merupakan program kemitraan global antara perusahaan papan atas di bidang teknologi, lembaga nirlaba, komunitas lokal, dan para ahli yang bekerja sama untuk menghadirkan internet bagi dua per tiga populasi dunia yang belum memiliki akses.

“Kami percaya bahwa setiap orang harus memiliki akses gratis untuk pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, pekerjaan dan komunikasi,” tulis Zuckerberg pada akun Facebook pribadinya.


Zuckerberg menambahkan bahwa selama beberapa tahun terakhir pihak Facebook telah bekerja sama dengan berbagai operator seluler di seluruh dunia untuk mencapai tujuan ini.

“Kami mulai melihat visi ini menjadi kenyataan, dan kami sudah membantu tiga juta orang untuk mengakses internet,” lanjutnya.

Menurut Zuck dengan menggunakan layanan ini nantinya semua orang akan dapat menggunakan internet secara gratis untuk mencari pekerjaan, mendapatkan bantuan dengan kesehatan dan aspek lain, serta menggunakan alat-alat seperti Facebook untuk tetap terhubung dengan orang yang mereka cintai.

Internet.org adalah sebuah layanan yang mengupayakan hadirnya akses internet dengan biaya terjangkau bahkan gratis untuk umat manusia dan mulai diperkenalkan pada 20 Agustus 2013 lalu.

Kongres Tingkat Tinggi (summit) mengenai internet.org pertama kali dilakukan di India pada 9 dan 10 Oktober lalu dan KTT kedua dilaksanakan hari ini di Indonesia.