PROSESOR PONSEL

MediaTek Buat Prosesor 12 Inti

Gito Yudha Pratomo | CNN Indonesia
Senin, 12 Jan 2015 17:05 WIB
Baru saja meluncurkan prosesor delapan inti pertama pada pertengahan 2014, kini MediaTek dikabarkan tengah membuat prosesor dua belas inti (12 core). MediaTek kini menduduki peringkat ketiga produsen prosesor untuk ponsel pintar (Reuters/Anindito Mukherjee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru saja meluncurkan prosesor delapan inti (octa-core) pertama pada pertengahan tahun lalu, kini MediaTek dikabarkan tengah membuat prosesor dua belas inti (12 cores).

Dikutip dari Phone Arena, hal ini terungkap dari sebuah situs berbahasa Tiongkok, MyDrivers.com yang mengutip salah satu pihak internal MediaTek. Pihak tersebut mengatakan bahwa kemungkinan besar MediaTek sedang membuat prosesor 10 atau 12 inti secara rahasia.

Namun pihak MediaTek belum memberikan pernyataan resmi mengenai hal ini. Terlepas dari itu, pasar prosesor mobile kini dikuasai oleh tiga produsen utama yaitu Qualcomm, Samsung dan MediaTek.


Pada pertengahan tahun lalu ketika MediaTek meluncurkan prosesor delapan inti buatan mereka dan banyak pihak yang mencemooh hal ini. Qualcomm adalah pihak yang memberi kritik paling keras.

Mereka menganggap bahwa pengguna membutuhkan prosesor yang lebih baik, bukan prosesor dengan jumlah yang lebih banyak (core-nya). Bahkan Qualcomm mempublikasi sebuah video yang "meledek" keberadaan prosesor delapan inti milik MediaTek.

Jika rumor ini terbukti benar maka tidak menutup kemungkinan bagi MediaTek untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar dari sebelumnya.

MediaTek sendiri adalah salah satu perusahaan pembuat chip yang tidak bisa diremehkan. Perusahaan asal Taiwan ini menjadi andalan bagi para produsen ponsel pintar yang ingin mengutamakan harga terjangkau sebagai nilai jual perangkat mereka.

Beberapa produsen ponsel pintar ternama seperti Xiaomi dan Lenovo juga banyak mengadopsi prosesor buatan MediaTek dalam perangkat yang mereka jual.

Prosesor ponsel dengan satu lusin inti, perlukah?

(eno/eno)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER