Media Sosial

'Kapolri' dan 'Budi Gunawan' Bikin Ribut di Twitter

Gito Yudha Pratomo & Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 16/01/2015 14:46 WIB
'Kapolri' dan 'Budi Gunawan' Bikin Ribut di Twitter Komjen Budi Gunawan memberi hormat ketika menghadiri sidang paripurna DPR RI, yang beragendakan laporan hasil Komisi III dan penetapan calon Kapolri, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Januari 2015. Dalam sidang tersebut DPR menyetujui Budi Gunawan menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia menggantikan Jendral Sutarman meskipun berstatus sebagai tersangka korupsi yang ditetapkan KPK. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama calon Kapolri Budi Gunawan mendadak jadi topik yang banyak diperbincangkan di dunia maya, terutama Twitter. Bahkan sempat berada di daftar topik paling populer.

Berdasarkan catatan Topsy, topik dengan nama "Kapolri" mencapai puncak pada 14 Januari dengan 87,091 kicauan. Total hingga hari ini topik tersebut masih disebutkan sekitar 131 ribu kali.

Sementara untuk topik "Budi Gunawan" mencapai puncak pada saat yang sama dengan total disebutkan lebih dari 150 ribu kali. Sedangkan soal "Calon Kapolri" hingga detik ini Topsy mencatat sudah ada 43 ribu lebih.


Tren serupa juga dicatat oleh analitik Awesomtrics yang menyebutkan bahwa, percakapannya terkait Budi Gunawan dan Kapolri memuncak pada Rabu,14 Januari. Konsentrasi percakapan kemudian terpecah menjadi tiga topik yakni "Kapolri", "Budi Gunawan", dan "calon kapolri".

Kata kunci "Kapolri" disebut paling paling banyak dengan 70.506 kicauan, dan sekitar 30 persen dari kata tersebut mengerucut menjadi "calon kapolri" dengan kicauan sekitar 30.810.

Hingga siang ini Awesomtrics mencatat sudah ada 28 ribu mention soal "Kapolri", 14.500-an mention soal "calon kapolri". Bisa dikatakan, rata-rata setiap menitnya, ada 20 hingga 40 kali pembahasan soal kasus pencalonan kapolri dan isu soal penetapan calon kapolri sebagai tersangka oleh KPK. Pembahasan ini paling ramai di jejaring sosial Twitter.

(eno)


ARTIKEL TERKAIT