Facebook Tumbang Karena Diretas Hacker?

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 27/01/2015 14:32 WIB
Facebook Tumbang Karena Diretas Hacker? Ilustrasi peretas jaringan komputer. (Dok. Thinsktock/Hlib Shabashnyi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa saat lalu Facebook dan Instagram tumbang. Sekelompok peretas mengaku bertanggung jawab atas gangguan tersebut.

Jejaring sosial Facebook, Instagram, dan Tinder secara bersamaan tumbang sekitar pukul 13:10 WIB tadi. Dari laporan CBS Los Angeles, kelompok peretas Lizard Squad mengklaim bahwa ini adalah kerjaan mereka.
Kelompok peretas yang sebelumnya menjadi pelaku serangan siber yang menimpa konsol game Xbox dan Sony Playstation Desember lalu, kini lagi-lagi bertingkah dengan mengklaim sebagai dalang lumpuhnya situs Facebook, Instagram, serta Tinder.

Lizard Squad pada akun Twitternya juga sempat berkicau, "Facebook, Instagram, Tinder, AIM, Hipchat #offline #LizardSquad."




Sementara itu pihak Facebook mengeluarkan pernyataan, "kami menyadari banyak orang yang sedang bermasalah mengakses Facebook dan Instagram. Kami sedang memperbaikinya agar semuanya kembali berjalan normal secepatnya."
Sebelumnya Pengguna Facebook yang Instagram kesulitan membukan layanan tersebut. Pesan tak bisa diakses muncul saat membuka kedua media sosial itu.

Namun kini layanan Facebook dan Instagram sudah pulih. Keduanya sudah bisa diakses seperti sedia kala.


(eno/eno)