Pengamat Pastikan Akun Media Sosial Jokowi Asli

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Rabu, 28/01/2015 10:39 WIB
Pengamat Pastikan Akun Media Sosial Jokowi Asli Istana menyatakan bahwa Jokowi tidak memiliki akun Twitter dan Facebook, namun nyata kedua akun yang beredar sudah diverfifikasi oleh kedua media sosial tersebut (Antara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto sebelumnya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak memiliki akun resmi di sosial media baik Facebook maupun Twitter. Namun pengamat sosial media, Nukman Luthfie mengatakan bahwa kedua akun yang telah diverifikasi tersebut adalah asli milik Joko Widodo.

Dihubungi CNN Indonesia, Rabu (28/1) Nukman memastikan bahwa kedua akun media sosial tersebut dapat dipastikan milik Joko Widodo. Pasalnya kedua akun tersebut telah melalui proses verifikasi yang diwajibkan oleh Facebook dan Twitter.
"Itu verified, asli semua. Akun Twitter sudah digunakan sejak zaman walikota, akun Facebook digunakan sejak menjadi capres," kata Nukman.

Nukman menambahkan bahwa verifikasi akun yang dilakukan oleh perusahaan media sosial dilakukan agar pengguna tidak terjebak dengan banyaknya akun palsu dan serupa. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian bahwa akun tersebut asli dan memang dimiliki oleh pihak yang bersangkutan.


"Verified itu gunanya untuk memastikan kepada pengguna bahwa itu adalah orang yang benar. Bukan palsu. Jadi menjamin kepada masyarakat bahwa mereka mengikuti akun yang tepat," lanjut Nukman.

Namun masalahnya, meski sudah diverifikasi oleh kedua media sosial tapi kedua akun tersebut belum tentu dikelola langsung oleh yang bersangkutan, dalam hal ini adalah Jokowi. Terlebih lagi keduanya dibuat oleh tim yang membawa mantan Wali Kota Solo itu menjadi Presiden.

Nukman juga mengatakan bahwa pemerintah sendiri memiliki kewenangan untuk menentukan apakah akun tersebut dapat digunakan sebagai akun resmi Presiden atau tidak. Namun ia memastikan bahwa kedua akun tersebut adalah milik Joko Widodo.

"Itu terserah pemerintah, apakah akan menggunakan akun tersebut untuk pak Jokowi atau tidak. Yang jelas kedua akun itu asli," kata Nukman.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak memiliki akun media sosial baik itu Facebook maupun Twitter meskipun selama ini Presiden Joko Widodo dikenal aktif melalui akun Twitternya @jokowi_do2 dan akun Facebooknya Joko Widodo.

(eno/eno)