Harga iPhone 6 Setara Motor, Peminat Tetap Tinggi

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 09/02/2015 15:19 WIB
Harga iPhone 6 Setara Motor, Peminat Tetap Tinggi Pengunjung memperhatikan Apple iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, saat peluncuran produk tersebut ke pasar Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harga satu iPhone 6 yang paling mahal setara dengan harga satu unit sepeda motor. Tapi itu tak menyurutkan niat konsumen Indonesia untuk membeli smartphone premium besutan Apple tersebut.

Dikatakan Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing & Communicatuon Erajaya, selaku distributor Apple di Tanah Air, secara kuantitatif sambutan konsumen untuk tetap membeli iPhone terbaru tetap tinggi.

"Kita melihatnya begini, iPhone ini sudah cukup lama tidak meluncurkan versi terbarunya di Indonesia. Hampir setahun lebih. Maka kita sempat berpikir antusias pasar bakal menurun, namun saat kita launcing weekend lalu ternyata tetap tinggi," kata Koko, sapaan akrabnya, kepada CNN Indonesia.


Koko menduga, tingginya antusias konsumen Indonesia untuk membeli iPhone 6, tidak terlepas dari garansi resmi yang ditawarkan. (Baca: iPhone 6 Beli di Luar Negeri Bisa Service di Sini)

Sebab selama ini, ada salah kaprah, mengenai garansi internasional oleh Apple. Karena mengira iPhone yang dibeli di luar negeri, layanan purna jualnya bisa diterima di Indonesia.

"Garansi internasional itu tidak ada di iPhone. Yang ada adalah garansi per negara yang mengeluarkannya," sebutnya lagi.

Namun ketika ditanya berapa jumlah unit iPhone 6 yang sudah terjual sejauh ini, Koko masih enggan membeberkannya terkait masalah kebijakan dari Apple. 

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menyediakan tiga pilihan memori internal yaitu 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Semakin tinggi kapasitas memori internalnya, maka semakin mahal harganya.

iPhone 6 termurah dijual dengan harga Rp 10.799.000 untuk versi 16GB. Sementara paling mahal adalah iPhone 6 Plus versi 128 GB dibanderol Rp 15.499.000. (Baca: Harga Resmi iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di Indonesia)

Perbedaan dasar kedua model ponsel Apple ini ada pada bagian layar. iPhone 6 didesain dengan bentang layar 4,7 inci resolusi 1.334 x 750 pixel ketajaman 326 pixel per inci. Sementara iPhone 6 Plus 5,5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 pixel ketajaman 401 pixel per inci. 


Keduanya dibekali prosesor A8 dengan kemampuan proses 64-bit yang diklaim 25 persen lebih cepat dari prosesor A7 pada iPhone 5s. Ada pula unit prosesor grafis M8 generasi kedua.

Ada pula sensor sidik jari pada tombol Home yang disebut TouchID untuk membuka kunci layar atau mengakses akun Apple ID. Tombol ini juga bisa dipakai untuk mengkonfirmasi pembayaran online karena dua iPhone baru telah disertai komponen cip near field communication (NFC). (ded/ded)