Riset: Performa Android Lollipop Lebih Baik dari iOS 8

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 16/02/2015 17:11 WIB
Riset: Performa Android Lollipop Lebih Baik dari iOS 8 Pengembangan sistem operasi Android telah mencapai versi 5.0 yang diberi kode nama Lollipop. (Getty Images/Justin Sullivan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masalah teknis atau bug pada sistem operasi iOS 8 terus diperbaiki oleh Apple. Meski demikian, performa iOS secara keseluruhan masih kalah jika dibandingkan dengan sistem operasi Android 5.0 (Lollipop) yang dikembangkan Google.

Perusahaan solusi manajemen performa aplikasi mobile, Crittercism mengatakan bahwa sekitar 2,18 persen aplikasi akan mengalami masalah crash atau berhenti mendadak saat beroperasi pada iOS 8, sementara di Android Lollipop hanya 2,15 persen aplikasi yang mengalami crash.

Android Lollipop turut mengalahkan sistem operasi terdahulunya, Android KitKat yang mempunyai masalah crash tinggi sekitar 2,76 persen.


Sementara iOS 8 sendiri tetap menunjukan performa lebih buruk dibandingkan iOS 7 yang hanya memiliki kasus 'macet' 1,9 persen.

Apple sendiri baru dikabarkan sedang 'menutup lubang' masalah teknis pada iOS 8 dengan memperbaiki sejumlah gangguan dan lebih mengirit ruang penyimpanan sebesar 247 MB.

Versi iOS 8.1.3 terdahulu memakan ruang penyimpanan iPhone sebesar 894 MB dan membutuhkan ruang kosong sekitar 6 GB jika ingin melakukan pembaruan. Kebutuhan yang besar ini menghambat laju pembaruan sistem operasi mereka dari iOS 7 menjadi iOS 8.

Crittercism juga mencatat, semakin populer sebuah perangkat mobile, maka akan terbuka 'kesempatan' masalah crash yang semakin meningkat juga.

Crittercism juga melaporkan, aplikasi cenderung mengalami masalah sistem dan berhenti mendadak pada perangkat Apple iPhone 4S dan iPhone 6. Sementara untuk perangkat Android, akan lebih sering terjadi crash pada Samsung Galaxy S5 dan Galaxy S3. (adt/adt)