Penguin Kehilangan Kemampuan Kenali Tiga Rasa Makanan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 18/02/2015 04:38 WIB
Penguin Kehilangan Kemampuan Kenali Tiga Rasa Makanan Penguin kaisar (morgueFile/WhiteFire4114)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menurut penelitian terbaru, penguin sekarang tak lagi bisa merasakan rasa pahit, manis dan umami. Padahal seharusnya, hewan vertebrata memiliki kemampuan untuk mencicipi lima rasa, yaitu pahit, manis, asam, pahit dan umami.

Namun setelah mempelajari urutan genetik pinguin adelie dan penguin kaisar, menganalisis jaringan penguin, dan membandingkan genom 14 jenis burung non-penguin, peneliti berpendapat bahwa penguin telah kehilangan tiga rasa. Penguin hanya bisa merasakan citarasa asin dan asam saja.

"Penguin makan ikan, sehingga Anda akan menebak bahwa mereka membutuhkan gen reseptor umami, tetapi untuk beberapa alasan mereka tidak memilikinya," kata penulis studi, Jianzhi Zhang yang juga profesor di University of Michigan, Departemen Ekologi dan Evolusi Biologi, dilansir dari Time. "Temuan ini mengejutkan dan membingungkan, tapi kami tak memiliki penjelasan yang baik untuk ini. Hanya saja kami memiliki beberapa kemungkinan penyebabnya."


Menurut peneliti, teorinya kemungkinan berawal dari 20 juta tahun lalu. Iklim suhu beku di Arktik dianggap telah mengganggu kemampuan penguin untuk merasakan berbagai rasa.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini berawal ketika mereka dihubungi oleh lembaga genomik di Tiongkok, BGI. Lembaga ini awalnya memisahkan genom dari penguin adelie dan penguin kaisar dan tak berhasil menemukan gen perasanya.

Kehilangan gen perasa ini akan menyebabkan penguin akan kehilangan citarasa nikmat yang ada dalam ikan favorit mereka.