Budi Gunawan Batal Kapolri, Badrodin Haiti Mendunia

Aditya Panji, CNN Indonesia | Rabu, 18/02/2015 15:15 WIB
Budi Gunawan Batal Kapolri, Badrodin Haiti Mendunia Komjen Pol. Badrodin Haiti (tengah). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Komjen Badrodin Haiti mendadak masuk daftar topik paling dibicarakan di media sosial Twitter setelah Presiden Joko Widodo mengusulkan namanya sebagai Calon Kepala Polri baru menyingkirkan Komjen Budi Gunawan, pada Rabu (18/2).

Hingga pukul 15.15 WIB, kata kunci Badrodin Haiti berada di peringkat empat topik yang paling dibicarakan di Twitter secara global. Kicauan ini paling banyak berasal dari Indonesia.

Menurut situs web Topsy.com yang mencatat lalu lintas kicauan di Twitter, terdapat sekitar 3.000 kicauan yang menggunakan kata Badrodin Haiti dalam satu jam terakhir.




Presiden Jokowi mengambil keputusan ini setelah melihat perdebatan yang terjadi di tengah masyarakat. "Mengingat bahwa pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/2).

Meski Budi Gunawan batal dilantik, Presiden Jokowi berharap ia terus memberikan kontribusi terbaik bagi Polri, apapun jabatan yang ia emban.

Selain itu, nama Johan Budi juga masuk topik paling dibicarakan peringkat enam secara global di Twitter hari ini.



Johan Budi menjadi salah satu dari tiga Pimpinan Sementara KPK setelah Abraham Samad dan Bambang Widjojanto ditetapkan tersangka oleh Polri. Dua Pimpinan Sementara KPK yang lain adalah Taufiqurrahman Ruki dan Indriyanto Senoadji. Sementara itu, kursi satu pimpinan KPK lain saat ini memang kosong sejak ditinggalkan Busyro Muqoddas yang habis masa jabatannya Desember 2014. (adt/eno)