Internet.org Bisa Bikin Facebook Bangkrut Sementara

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 24/02/2015 06:05 WIB
Internet.org Bisa Bikin Facebook Bangkrut Sementara Inisiasi internet.org yang sempat dibawah Mark Zuckerberg ke Indonesia saat mengunjungi Presiden Joko Widodo (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Inisiasi internet.org oleh Facebook diakui Mark Zuckerberg bisa membuat perusahaannya kehilangan banyak uang. Paling tidak diawal penyelenggaraanya nanti.

"Ini (Internet.org) kemungkinan tidak menjadi wadah penghasil profit dalam jangka pendek, kami malah mungkin kehilangan banyak uang. Namun, penyebaran koneksi sifatnya sangat penting," kata Zuckerberg, mengutip dari laporan kantor berita Bloomberg.

Dukungan Facebook yang bisa menampung banyak konten dan foto tentunya memerlukan banyak biaya. Namun, Zuckerberg berupaya memposisikan internet.org menjadi alat penyaluran amal seutuhnya.
Tak hanya itu, internet.org diklaim sebagai aksi hak asasi manusia oleh lelaki usia 30 tahun itu, lengkap dengan cara layanan yang mirip dengan panggilan darurat 911.



"Model layanan internet.org yang kami pertimbangkan hampir mirip dengan panggilan darurat 911 di Amerika Serikat, yaitu sifatnya gratis, kapanpun Anda bisa menghubunginya," ujar sang bos Facebook.

Zuckerberg melanjutkan, "kami rasa sudah seharusnya ada padanan yang mirip seperti 911 untuk aspek internet -- di mana konsumen tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengakses informasi seputar kesehatan, edukasi, pekerjaan, ataupun perangkat komunikasi seperti Facebook."

Menurut Zuckerberg, demi mewujudkan harapan tersebut, ia mengakui aspek ekonomi sudah otomatis terlibat. Konsumsi internet kebanyakan dilakukan oleh media yang mahal, terutama video. Sehingga, sumber-sumber yang berisikan layanan teks seperti Wikipedia atau informasi dasar seputar finansial dan kesehatan, mereka bisa disalurkan dengan harga murah dengan rata-rata kurang dari satu persen dari infrastruktur keseluruhan.

"Jika ingin membangun sesuatu yang bisa ditawarkan oleh operator secara gratis, maka diperlukan juga aspek yang 'murah' agar mereka bisa memenuhinya," jelasnya lagi.

Program internet.org didukung oleh tujuh perusahaan besar yang punya tujuan bisnis memperluas pasar dari koneksi internet dan seluler. selain Facebook, mereka adalah Ericsson, Mediatek, Opera, Samsung, Nokia, dan Qualcomm.

Facebook sendiri mengharapkan internet.org bisa membantu menghubungkan empat miliar orang yang minim koneksi internet, khususnya mereka yang tinggal di negara miskin dan berkembang.

Sejauh ini baru Ghana, Zambia, Tanzania, Kenya, dan Kolombia yang sudah menerima pasokan internet gratis dari Facebook.


(eno)