Konten Cabul Tayang Bersyarat di Blogspot

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 25/02/2015 08:25 WIB
Google menerapkan sensor ketat ke pengguna blogspot terkait konten telanjang dan eksplisit. Walaupun bila masih ada yang membandel, tidak akan langsung ditutup. Ilustrasi (CNN/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan Blogspot akan menerapkan aturan ketat soal blog yang menampilkan gambar atau konten telanjang. Google akan menerapkan kebijakan tersebut pada 23 Maret 2015 mendatang.

Dalam postingan resminya, Google meminta pengguna Blogspot untuk menghapus konten seperti gambar dan video telanjang. Bila tak dipatuhi, memang Google tidak akan memberedelnya, namun dengan syarat ketat yang terpaksa harus dipatuhi.

"Jika blog Anda masih menampilkan konten telanjang dan eksplisit, setelah tanggal 23 Maret 2015 konten Anda tidak akan dihapus namun akan diubah ke mode private," tulis Google, yang dikutip CNN Indonesia.


Dengan peralihan mode private ini artinya konten yang masih bisa dilihat, namun hanya pemilik blog saja yang bisa melihat gambar atau video telanjang dan eksplisit tersebut.

Selain itu, Google masih memberikan kesempatan blog yang mengumbar sisi bagian tubuh sensitif dengan syarat merupakan bagian publikasi untuk dokumentar, sains, mendidik dan seni.

Kebijakan ini berlaku bagi seluruh pengguna jasa blogspot. Termasuk  bagi pengguna yang membuat akun setelah tanggal 23 Maret 2015. Google memastikan akan melakukan sensor ketat.

Sebelum kebijakan ini muncul, Google hanya menerapkan peringata "adult content warning" di setiap blog yang berisi konten dewasa. (eno)