Indosat Tambah BTS di Kota Kecil untuk 'Tambal Lubang'

Aditya Panji, CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2015 07:00 WIB
Indosat Tambah BTS di Kota Kecil untuk 'Tambal Lubang' Indosat bersiap untuk menambahkan BTS di kota kecil (Adhi Wicaksono/CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan telekomunikasi Indosat akan melanjutkan program modernisasi jaringan pada tahun 2015 ini di sejumlah kota kecil atau lapis kedua setelah menyelesaikan modernisasi jaringan di 23 kota besar.

Selain memperbarui perangkat radio BTS dengan teknologi terkini, program modernisasi jaringan tahun ini juga memprioritaskan pada penambahan jumlah BTS di kota-kota kecil.

"Kita akan tambahkan BTS di titik-titik yang masih bolong di second city," kata Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat, dalam acara uji jaringan di Medan, Sumatera Utara.


Indosat belum mengungkap kota apa saja yang  akan disambangi program modernisasi jaringan tahun ini. Mereka juga belum menetapkan anggaran modernisasi jaringan karena hingga berita ini ditayangkan perusahaan belum menetapkan belanja modal tahun 2015.

Indosat, yang memiliki 54,2 juta pelanggan pada kuartal ketiga 2014, telah menyelesaikan modernisasi jaringan pada Oktober 2014 di 23 kota meliputi Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan lainnya. Mereka memperkuat layanan telepon dengan mengadopsi teknologi Voice HD yang memberikan kualitas suara telepon lebih jelas.

Selain itu, modernisasi jaringan Indosat juga memperkuat layanan data (Internet) 3G yang mengandalkan sumber daya 10 MHz di spektrum frekuensi 1.800 MHz dan 5 MHz di spektrum 900 MHz.

Division Head Network Optimization Indosat, Joko Riswadi mengatakan, teknologi 3G di spektrum 900 MHz merupakan andalan Indosat untuk bersaing dengan kompetitor macam Telkomsel dan XL Axiata. Menurutnya, spektrum rendah seperti di 900 MHz dapat memberi jangkauan yang lebih luas, sementara kapasitas layanan diperkuat dengan spektrum di 1.800 MHz.

Berkat modernisasi jaringan ini, Indosat mengklaim telah mengalami peningkatan lalu lintas data yang signifikan yaitu 55.467 terabyte pada kuartal ketiga 2014, dibanding dengan periode yang sama pada tahun lalu 17.646 terabyte.