Dua Tahun Dikicaukan, Tagar #SaveHajiLulung Kini Mendunia

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 06/03/2015 14:38 WIB
Dua Tahun Dikicaukan, Tagar #SaveHajiLulung Kini Mendunia Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana saat berbicara kepada media, Senin (8/12). (CNN Indonesia/M Arby Rahmat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanda pagar #SaveHajiLulung sebenarnya sudah dikicaukan dua tahun lalu, namun gara-gara insiden salah salah sebut tagar itu kini langsung mendunia.

Berdasarkan catatan Topsy, tanda pagar #SaveHajiLulung sudah dikicaukan 24 bulan lalu. Namun tujuh hari belakangan hastag tersebut kembali populer seiring dengan naiknya tagar #SaveAhok.

Masih menurut catatan Topsy, kicauan mengenai #SaveHajiLulung sudah dituliskan lebih dari 50 ribu kali dalam 24 jam terakhir, membuatnya pada Jumat (6/3) berada di posisi kedua trending topic dunia sekitar pukul 14.30 WIB.


Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia, tagar tersebut terlihat merangkak naik pasca pria dengan nama Abraham Lunggana itu berdebat saat mediasi dengan Ahok. Lulung, sapaannya, berkali-kali salah sebut unit UPS yang diperdebatkan menjadi USB.

"Hey, kamu jelaskan bahwa kamu tidak mengusulkan pembelian USB!" kata Lulung dengan penuh emosi, menirukan ucapan Ahok saat rapat mediasi.

"UPS Pak UPS," kata para pewarta coba meralat ucapan politisi PPP itu.

"Hah apa? Iya UPS," sambung Lulung.

Kejadian ini terulang kembali di Gedung DPRD DKI Jakarta, saat jajaran pimpinan DPRD menggelar jumpa pers. Lulung kembali salah menyebut UPS dengan USB. Kala itu ia ditanya soal kesiapannya dipanggil penegak hukum karena saat ini kasus pengadaan UPS tengah ditangani oleh kepolisian.


(eno)