Kumpulan Lelucon ala Tagar #SaveHajiLulung

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Jumat, 06/03/2015 16:52 WIB
Kumpulan Lelucon ala Tagar #SaveHajiLulung Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana (kanan) bersama Muhammad Taufik, saat memberikan keterangan terkait rapat mediasi antara Gubernur DKI Jakarta dengan DPRD yang berakhir ricuh, Jakarta, Kamis, 6 Maret 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam beberapa jam terakhir, daftar puncak trending topics di Twitter diduduki tanda pagar (tagar) #SaveHajiLulung. Tak cuma sekadar kicauan, ternyata ada permainan kata-kata lucu dengan tagar tersebut.

Keriuhan di layanan mikroblogging dengan tagar #SaveHajiLulung ini banyak diikuti mulai dari akun biasa sampai akun yang jumlah pengikutnya sampai puluhan ribu. Karena cuitan ini tak sekadar sumpah serapah atau makian kepada Wakil Ketua DPRD Abraham Lunggana tersebut.
Cara permainan kata-katanya cukup mudah. Setiap kata dalam bentuk aktivitas yang diikuti tagar ini merupakan pernyataan kontradiktif dari aktivitas sebelumnya.

"Haji Lulung distop polisi, polisinya yang nanya, "Bapak tahu kesalahan saya?" #SaveHajiLulung" kata cuitan akun @mbot.


Atau seperti cuitan yang dilakukan salah satu akun milik comic @Juipurwoto yang berbunyi "Haji lulung beres jumatan ngambil sendalnya di tempat penitipan, sementara itu jemaah lain langsung pulang... bela2in nyeker #savehajilulung."
Inti dari tweet bernada satir ini adalah kebalikan dari apa kalimat aktivitas pertama yang dilakukan.

Tanda pagar #SaveHajiLulung sebenarnya sudah dikicaukan dua tahun lalu, namun gara-gara insiden salah sebut UPS menjadi USB,  tagar itu kini langsung mendunia.

Berdasarkan catatan Topsy, tanda pagar #SaveHajiLulung sudah dikicaukan 24 bulan lalu. Namun tujuh hari belakangan hastag tersebut kembali populer seiring dengan naiknya tagar #SaveAhok.

Selain soal salah sebut itu, nama Lulung memang ramai menjadi pembicaraan karena menjadi salah satu angota dewan yang keras terkait kisruh APBD dengan Gubernur Basuki T.Purnama (Ahok).


(tyo/eno)