Misteri Hilangnya MH370: Jatuh, Ditembak, atau Diculik Alien?

Deddy S, CNN Indonesia | Minggu, 08/03/2015 04:47 WIB
Misteri Hilangnya MH370: Jatuh, Ditembak, atau Diculik Alien? Polisi menghentikan keluarga penumpang pesawat Malaysia Airlines MH370 yang mencoba memasuki kantor Kementerian Luar Negeri di Beijing. (CNN Indonesia/Reuters/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014, hanya beberapa jam setelah lepas landas, masih belum ditemukan hingga kini. Peristiwa itu menimbulkan banyak tanda tanya.

Termasuk soal teori tentang hilangnya pesawat Boeing 777 tersebut. Ada sejumlah pendapat muncul. Dari yang serius sampai yang nyeleneh, terkait dengan makhluk luar angkasa atau yang biasa disebut dengan alien.

Ini beberapa teori yang muncul perihal penyebab hilangnya pesawat yang mengangkut 239 penumpang dan awak pesawat itu, seperti dirangkum kantor berita Reuters:


Jatuh di selatan Samudera Hindia

Penyelidik resmi memakai analisis dari perusahaan Inggris, Inmarsat mengenai “ping” yang diterima satelitnya dari MH370, dikombinasikan dengan data langsung dari pesawat itu sebelum berhenti memancarkan sinyal, sehingga menyimpulkan bahwa pesawat itu terbang ke arah selatan setelah hilang dari jangkauan radar militer Malaysia dan terjatuh di selatan Samudera Hindia.

Begitu juga Independent Group yang sudah memberikan analisis dan keyakinan bahwa pesawat itu memang berada di dekat area pencarian sekarang.

Tapi tentang mengapa pesawat itu sampai berakhir di lokasi tersebut, masih jadi perdebatan. Ada yang mendukung skenario pembajakan, yang lain soal masalah teknis atau kesalahan pilot.

Seorang pilot Inggris bernama Simon Hardy, mengatakan pesawat sempat melintasi pulau asal pilot, Pulau Penang, sebelum terbang berulang-ulang keluar masuk Malaysia dan Thailand untuk membikin bingung Air Traffic Controller (ATC).

Tertembak Jatuh Tak Sengaja

Teori ini muncul dalam buku pertama yang membahas soal hilangnya MH370 yaitu “Flight MH370 The Mystery”. Penulis asal London, Nigel Cawthorne, mengatakan pesawat itu mungkin tak sengaja tertembak waktu ada latihan militer bersama antara Amerika Serikat dan Thailand di Laut China Selatan.

Kecelakaan seperti itu pernah terjadi sebelumnya: Korean Air bernomor penerbangan 007 ditembak jatuh oleh Uni Soviet pada 1983 dan Angkatan Laut Amerika Serikat pernah menembak jatuh pesawat Iran pada 1988.

Diturunkan di Dekat Diego Garcia
 
Bekas Kepala Proteus Airlines dari Prancis, Mac Dugain, mencetuskan kelanjutan dari teori bahwa MH370 ditembak oleh militer Amerika Serikat. Dia menyatakan kekhawatiran bahwa telah terjadi serangan semacam 11 September kepada pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di pulau terpencil di Samudera Hindia, Diego Garcia.

Dugain mengacu pada kesaksian sejumlah penduduk Pulau Maladewa yang menyatakan melihat pesawat melintasi pulau tersebut.

Pesawat Kini Berada di Rusia
 
Bekas pilot dan pakar penerbangan, Jeff Wise, berspekulasi bahwa MH370 terbang ke utara sepanjang perbatasan nasional untuk menghindari radar sebelum mendarat di Kazakhstan sebagai bagian dari plot teknisi Rusia.

Teori Wise didasarkan pada seseorang di pesawat yang memiliki data penting transmisi satelit. Dia menggarisbawahi bahwa instrumen yang relevan bisa diakses lewat sebuah panel di kabin dan ada tiga orang Rusia di pesawat itu. Tapi Wise mengakui dia tak bisa menjelaskan apa motif Rusia untuk mencuri pesawat Malaysia.

Di Pakistan untuk Dipakai dalam Aksi Terorisme

Seorang pensiunan Letnan Jenderal menyebarkan teori bahwa MH370 terbang ke kawasan yang dikuasai Taliban untuk kemudian dipakai sebagai senjata penghancul massal untuk menyerang Israel. Ide itu disambar Rupert Murdoch yang kemudian mencuit “Mungkin tidak jatuh tapi dicuri, disembunyikan secara efektif, mungkin di Pakistan, seperti Bin Ladin.”

MH370 dan MH17 adalah Pesawat yang Sama

Teori ini didasarkan pada foto puing-puing MH17 yang ditembak jatuh di Ukraina. Ada yang berpendapat bahwa MH17 yang jatuh adalah sebenarnya MH370 yang hilang, dengan sedikit perubahan pada tubuh pesawat Boeing 777 itu. Tentang bagaimana MH370 bisa disembunyikan selama enam bulan sebelum berganti dengan MH17 dan apa yang terjadi pada badan pesawat itu, tak ada yang bisa menjelaskan.

Diculik Alien

Teori ini disebut dalam Situs TheWeek. Disebutkan bahwa ada sekitar lima persen orang Amerika yang percaya pesawat Boeing 777-200ER hilang akibat diculik oleh makhluk asing. Survei tersebut dilakukan oleh Reason.com. (Baca: Setahun Hilang, MH370 Diculik Alien?)

(ded/ded)