Google Latah Bikin Kacamata Virtual Reality?

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2015 09:42 WIB
Google Latah Bikin Kacamata Virtual Reality? Salah satu gadget virtual reality buatan HTC, Vive (dok.HTC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google dilaporkan tengah mengembangkan sistem operasi Android versi baru untuk perangkat kacamata realitas virtual atau virtual reality (VR).

The Wall Street Journal mewartakan, ada sekitar 10 teknisi yang terlibat mengembangkan proyek baru tersebut.

Menurut dua sumber yang tak mau disebut namanya, kacamata VR itu akan didistribusikan seperti produk Android lainnya, macam ponsel pintar, tablet, dan perangkat yang digunakan pada tubuh atau wearable device.


Sesuai rumor yang diwartakan, proyek Android VR itu dipimpin oleh Clay Bavor dan Jeremy Doig di Google.

Juru bicara Google menolak untuk menanggapi berita ini, termasuk sejumlah informasi rinci mengenai tampilan Android VR ataupun rencana perilisannya ke pasar.

Keputusan Google menggagas proyek Android VR disebut-sebut merupakan antisipasi atas tren realitas virtual di masa depan. Facebook rela merogoh kocek US$ 2 miliar atau sekitar Rp 26 triliun demi mengakuisisi Oculus VR yang membuat kacamata serupa.

Tak hanya Facebook, Sony juga memiliki proyek VR bernama Project Morpheus yang diklaim berkembang secara pesat dan kacamata Gear VR milik Samsung yang sengaja diciptakan sebagai aksesori pelengkap Galaxy Note 4. (adt/adt)