Fitur Asisten Digital Microsoft akan Sambangi Android dan iOS

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Minggu, 15/03/2015 14:31 WIB
Fitur Asisten Digital Microsoft akan Sambangi Android dan iOS Microsoft berencana untuk menghadirkan Cortana di Android dan iOS (Dok. Microsoft)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jika selama ini fitur perintah suara sekaligus asisten digital Microsoft Cortana hanya tersedia di ponsel pintar Windows Phone, maka dalam beberapa bulan ke depan peranti itu juga akan dirilis di Android dan iOS.

Cortana merupakan asisten digital yang memilki fungsi mirip seperti Apple Siri dan Google Now, hanya saja Microsoft mengklaim Cortana mampu menjawab pertanyaan dengan lebih pintar dari kedua pesainnya itu.

Kepandaian Cortana sudah dibuktikan dalam beberapa percobaan. Terakhir peranti lunak itu ditantang untuk meramal siapa pemenang Oscar 2015.


Dalam kasus itu Cortana telah memprediksi jawara enam kategori utama ajang penghargaan terbesar insan sinema itu, yakni Film Terbaik, Aktor Pemeran Utama Terbaik, Aktris Pemeran Utama Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, dan Sutradara Terbaik.

Dan setelah Oscar 2015 diselenggarakan, Cortana berhasil membuktikan bahwa prediksi yang ia keluarkan cukup akurat. Hal ini juga pernah dilakukan di World Cup 2014 juga kompetisi NFL. Seluruh hasilnya cukup memuaskan.

Namun kehadiran Cortana di Android dan iOS nanti agaknya akan sedikit berbeda. Asisten digital itu akan hadir dalam bentuk aplikasi tunggal, tidak terintegrasi seperti di Windows Phone atau Windows 10.

Belum diketahui kapan Cortana untuk Android dan iOS akan tersedia, namun janjinya tahun ini juga akan pembaruan besar -besaran terhadap aplikasi tersebut.

"Teknologi baru ini akan dapat membaca dan mengerti isi email, dan akan memainkan peran penting dalam versi Cortana selanjutnya yang saat ini sedang kami kembangkan," kata Eric Horvitz, Managing Director divisi riset Microsoft, dikutip dari Reuters, Minggu (15/3).

(eno)