BlackBerry Kembangkan Tablet Android Super Aman

Aditya Panji, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2015 06:58 WIB
BlackBerry Kembangkan Tablet Android Super Aman BlackBerry mengembangkan tablet Android yang dibekali teknologi keamanan data tingkat tinggi. (REUTERS/Mark Blinch)
Jakarta, CNN Indonesia -- BlackBerry kembali ke pasar komputer tablet, tetapi produk kali ini tidak sungguh-sungguh dibuat oleh BlackBerry, melainkan bekerjasama dengan mitra lain.

Ini bukan tablet PlayBook yang diluncurkan BlackBerry beberapa tahun lalu. Produk ini diberi nama SecuTablet. Produk ini dikembangkan oleh perusahaan Secusmart, perusahaan spesialis enkripsi asal Jerman yang diakuisisi BlackBerry tahun lalu, dan IBM untuk pemerintah Jerman.

Baca juga: Teknologi Android Dipakai Tanpa Izin, Microsoft Murka


SecuTablet punya keistimewaan di mana ia dibekali peranti lunak keamanan IBM dan SecuSmart, serta kartu memori eksternal MicroSD khusus yang menggabungkan sejumlah cip kriptografi untuk melindungi data. 

"Keamanan sudah mendarah daging di setiap bagian portofolio BlackBerry, yang mencakup solusi suara dan enkripsi data," kata Dr. Hans-Christoph Quelle, CEO Secusmart, seperti dikutip dari Reuters.

Sejak BlackBerry mengalami penurunan penjualan ponsel pintar, perusahaan asal Kanada itu semakin gencar menawarkan solusi keamanan data. Mereka menargetkan segmen pasar korporasi dan pemerintah.

Menurut rencana, Secusmart akan menjual perangkat ini di Jerman, dan IBM di negara lain. Meski SecuTablet ditargetkan untuk segmen pemerintahan, tetapi BlackBerry berharap pelanggan korporasi IBM juga tertarik memakai SecuTablet.

Karena hasil modifikasi dan mengutamakan keamanan data, tablet ini dihargai tinggi sebesar US$ 2.380 termasuk kartu MicroSD yang telah terenkripsi serta aplikasi keamanan lain yang menjamin kerahasiaan data pengguna. 




(adt/adt)