Berapa Harga Mobil Terbang Buatan Slovakia?

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2015 11:42 WIB
Mobil terbang bukanlah mobil biasa, pembeli yang dituju juga tidak main-main. Hanya untuk mereka yang cukup kaya. AeroMobil 3.0, merupakan mobil hasil desain perusahaan asal Slovakia yang bisa dipakai di darat dan udara (Reuters/Leonhard Foege)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lupakan dahulu mobil pintar yang mampu berjalan tanpa pengemudi di jalan. Karena paling dekat justru adalah mobil terbang yang akan berjalan di udara dalan kurun waktu tak lama lagi.

Perusahaan perintis bernama Aeromobil asal Slovakia mengklaim bahwa mobil terbang tersebut sudah tahap hampir selesai setelah melakukan rangkaian ujicoba, dan akan dijual ke konsumen di tahun 2017. BACA: Dua Tahun Lagi Mobil Terbang Bisa Dibeli

"Kami percaya bahwa 2017, kita akan dapat memulai ini ke pasar. Kami menargetkan pembeli super kaya yang biasa membeli supercar sekaligus penggemar pesawat terbang," ujar CEO dan pendiri perusahaan Juraj Vaculik, seperti dikutip dari CBC.


Vaculik mengatakan bahwa kendaraan ini memiliki jangkauan terbang 700 kilometer dengan bensin biasa, dan juga dilengkapi dengan autopilot serta parasut yang secara otomatis akan terbuka jika pilot mengalami masalah, sehingga tidak ada adegan lompat dari kursi.

Mobil terbang ini disebut tidak membutuhkan sebuah bandara untuk lepas landas. Vaculik mengatakan, landasan yang dibutuhkan adalah seluas dua kali lapangan sepak bola dengan kecepatan laju kendaraan 130 kilo meter per jam.

Kendati demikian, Vaculik masih malu-malu menyebutkan berapa harga jual mobil terbang tersebut, namun dipastikan berkisar di angka ribuan dolar Amerika Serikat yang membuatnya hanya bisa dibeli oleh pengendara yang cukup mapan.

Vaculik sebelumnya bekerja di perusahaan periklanan. Ia bertemu dengan Klein, seorang insinyur teknis, yang mengembangkan mobil dengan sayap sejak 25 tahun lalu di garasi rumanhnya. Klein bekerja sebagai kepala departemen Akademi Seni Rupa dan Desain Slovakia dan perusahaan mobil golf di Polandia.

"Setelah ini kami akan membuat mobil terbang yang dapat mengemudi sendiri," yakinnya.

(tyo)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK