Yahoo Ingin Pengguna Lupakan Password

Aditya Panji, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2015 15:16 WIB
Yahoo Ingin Pengguna Lupakan <i>Password</i> Yahoo memperkenalkan cara baru mengakses akun tanpa harus mengingat kata sandi atau password. (REUTERS/Robert Galbraith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yahoo berupaya meningkatkan keamanan data pengguna dengan memperkenalkan fitur On-demand sebagai pilihan mengakses akun dengan cara lebih aman, dan membuat pengguna tak perlu lagi mengingat kata sandi (password).

Fitur On Demand mengikat sebuah nomor ponsel dengan akun Yahoo pengguna. Sistem akan mengirim kunci verifikasi setiap kali pengguna ingin mengakses akun.

Baca juga: Niat Steve Jobs yang Tak Terwujud: Membeli Yahoo


Bagi pengguna yang telah mengaktifkan fitur ini, Yahoo akan mengirimkan sebuah kode unik melalui aplikasi atau SMS ke ponsel ketika pengguna ingin masuk ke akun. Kode unik ini bakal habis masa berlakunya dalam waktu tertentu.

Di sini pengguna tidak perlu mengetikkan kata sandi karena di sana tidak tersedia kotak untuk memasukkan kata sandi. Sebagai gantinya, pengguna bakal melihat tombol "Send my password."

Yahoo berharap fitur On Demand dapat menyederhanakan proses masuk akun sekaligus memudahkan pengguna agar tidak repot lagi mengingat kata sandi

Dalam sebuah keterangan di blog resmi Yahoo, perusahaan itu berkata saat ini fitur On-demand telah tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. (adt/eno)