40 Persen Pemakai iPhone Ingin Punya Apple Watch

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2015 13:09 WIB
40 Persen Pemakai iPhone Ingin Punya Apple Watch Jam tangan pintar Apple Watch. (REUTERS/Robert Galbraith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekitar 40 persen orang dewasa yang memiliki ponsel pintar iPhone di Amerika Serikat tertarik untuk membeli jam tangan pintar Apple Watch, menurut jajak pendapat yang dilakukan Reuters/Ipsos.

Jam tangan pintar Watch yang dijual sekitar US$ 350 sampai US$ 17.000 untuk model yang dilapisi emas 18 karat, merupakan produk kategori baru Apple dalam lima tahun terakhir. Produk ini sedang diawasi ketat oleh konsumen, kompetitor, dan investor.

Pemilik iPhone adalah target utama Apple dalam menjual Watch, karena jam tangan pintar berperan sebagai alat penghubung ponsel pintar.


Baca juga: Apakah Apple Watch Bisa Sesukses iPhone?

Menurut analis Walter Piecyk dari lembaga riset BTIG, hasil survey ini cukup menggembirakan bagi Apple untuk sebuah produk yang belum terlihat di toko-toko.

Analis Andrew Hargreaves dari Pacific Crest Securities, percaya bahwa kekuatan pemasaran Apple akan memberikan penjualan awal yang kuat untuk Watch.

Ipsos melakukan survei terhadap 2.460 orang Amerika berusia mulai 18 tahun secara online antara 9 Maret sampai 17 Maret. Mereka menemukan bahwa sebanyak 24 persen menyatakan berminat beli Watch, termasuk 10 persen dari mereka menggambarkan diri “sangat tertarik.”

Di antara para pemilik iPhone, lebih dari 39 persen tertarik membeli jam tangan Watch, termasuk 17 persen yang menggambarkan “sangat tertarik.” Ada 788 pemilik iPhone yang disurvei.

Watch bukan perangkat mandiri. Ia hanya menjadi penghubung untuk menampilkan notifikasi dari iPhone, termasuk iPhone 5, 5s, 5c, 6 dan 6 Plus, melalui koneksi nirkabel Bluetooth.

Perangkat ini berfungsi untuk memantau gerakan, kebugaran, dan kesehatan pengguna melalui aplikasi HealthKit, mulai dari memantau denyut nadi, tekanan darah, berat badan, dan hal lainnya.

Apple memproduksi tiga model jam tangan pintar, yaitu Watch, Watch Sport, dan Watch Edition yang dilapisi emas pada bagian bodinya. Semua itu didesain dalam dua ukuran, yaitu 42 mm dan 38 mm.

(adt/eno)