Phound! Aplikasi Pencari Ponsel Android yang Hilang

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2015 14:26 WIB
Phound! Aplikasi Pencari Ponsel Android yang Hilang Ilustrasi pengguna smartphone. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada aplikasi baru yang menarik di Google Play Store. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menemukan ponsel Android yang hilang.

Phound! adalah aplikasi gratisan yang dirilis oleh Kaspersky Lab. Phound! – yang berasal dari kata Phone dan Hound - membantu untuk menemukan perangkat yang hilang dengan cepat dan menyimpan informasi berharga yang tersimpan di dalamnya jauh dari mata para penjahat siber.

Menurut survei terhadap pengguna internet, selama satu tahun periode, satu dari rata-rata 20 responden - dan sebanyak satu dari enam responden untuk beberapa negara! - Kehilangan smartphone atau tablet mereka sebagai akibat dari kecerobohan atau pencurian.

Pada saat yang sama, 38 persen dari pengguna mengakui bahwa perangkat mereka berisi data rahasia yang tidak ingin jatuh ke tangan yang salah. Kaspersky Phound! dikembangkan untuk mencegah situasi mengkhawatirkan seperti ini.


Phound! menawarkan kemampuan untuk mengontrol perangkat mereka dan data yang tersimpan di dalamnya dari jarak jauh, melalui portal My Kaspersky. Jika perangkat hilang atau dicuri, pengguna dapat dengan cepat memblokir untuk mencegah akses yang tidak sah, serta menggunakan jaringan GPS, GSM atau Wi-Fi untuk menemukan posisinya di peta.

Untuk membuat pencarian perangkat lebih mudah, pengguna juga dapat mengambil gambar dengan kamera depan atau memunculkan pesan di layar perangkat.

Jika telepon atau tablet hilang di rumah atau di kantor, dapat ditemukan dengan bantuan fitur Alarm - perangkat membuat suara keras secara terus-menerus sampai pemilik memasukan kode rahasia. Sebagai usaha terakhir, pemilik dapat menggunakan Phound! untuk menghapus semua data pribadi di perangkat dan kartu memori dari jarak jauh, termasuk kontak, pesan, foto dan lain-lain, serta melakukan hard reset ke perangkat, jika diperlukan.

"Bagi kebanyakan pengguna, perangkat mobile menjadi tempat penyimpanan untuk data mereka yang paling berharga dan penting - kontak teman dan kolega, pesan pribadi, foto-foto pribadi dan banyak hal lainnya. Ini berarti bahwa saat ini smartphone dan tablet membutuhkan keamanan yang sama seperti lemari besi di bank,” kata Alexey Chikov, Senior Product Manager, Kaspersky Lab.

Phound! sekarang tersedia dalam delapan bahasa di Google Play Store, toko aplikasi resmi untuk Android. Tertarik untuk mencobanya?

(eno)