El Clasico Memanas di Facebook

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Minggu, 22/03/2015 15:12 WIB
<i>El Clasico</i> Memanas di Facebook El clasico menularkan panasnya jelang pertandingan hingga ke Facebook (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan besar di La Liga antara Real Madrid dengan Barcelona akan digelar Senin dini hari di Indonesia. Seperti diketahui, tensi jelang pertandingan di antara kedua klub raksasa ini selalu memanas bahkan hingga ke situs jejaring seperti Facebook.

Memanasnya el clasico ini bahkan sudah terjadi sebelum pertandingan dimulai, antisipasi sudah kian tinggi. Di Facebook, para fans sudah mulai menyatakan pendapat dan komentar, terhubung dengan para tim dan pemainnya, dan berbicara mengenai pertandingan ini melalui Facebook.

Facebook pun telah memantau perbincangan ini untuk melihat pemain, tim dan manager mana yang paling banyak dibicarakan.


"Jika starting XI atau kesebelasan disusun berdasarkan jumlah likes dari halaman resmi Facebook Page dari para pemain, kita mungkin akan melihat susunan pemain yang berbeda dengan waktu pertandingan nanti di hari Senin nanti," tulis pihak Facebook, melalui rilis yang diterima CNN Indonesia.

Daftar kesebelasan el clasico versi Facebook ini adalah Iker Casillas akan menjadi penjaga gawang, dengan susunan empat back dari Gerard Pique, Sergio Ramos, Marcelo and Pepe. Para midfielder yang berorientasi pada serangan, Iniesta, Rodriguez, dan Bale, akan menempati area tengah lapangan. Dan, Ronaldo, Messi dan Neymar Jr. sebagai forward. Di kesebelasan El Clasico versi Facebook ini akan dipimpin oleh Carlo Ancelotti sebagai pelatih.

Secara anonim menganalisa semua perbincangan El Clasico di Facebook mulai dari 2 Maret sampai 15 Maret 2015, Facebook telah berhasil menentukan tim, pemain dan manager mana yang paling banyak diperbincangkan.

Sementara tim yang paling banyak diperbincangkan berdasarkan negara adalah sebagai berikut.
  • Global: Real Madrid
  • Spanyol: Real Madrid
  • Italia: Real Madrid
  • Inggris Raya: Real Madrid
  • Perancis: FC Barcelona
  • Swedia: Real Madrid

Pemain yang paling banyak diperbincangkan secara  Global: Cristiano Ronaldo (Real Madrid dan Lionel Messi (FC Barcelona). Sementara manager yang paling banyak diperbincangkan global: Carlo Ancelotti (Real Madrid).

Real Madrid dan Barcelona memiliki total jumlah penggemar sebesar 134 juta di seluruh dunia, yang berarti bahwa satu dari 10 dari seluruh pengguna Facebook aktif per bulannya merupakan penggemar dari halaman Facebook resmi dari salah satu tim tersebut, Real Madrid atau FC Barcelona.

Berikut 10 negara yang paling banyak membicarakan El Clasico:
  1. Brasil
  2. Meksiko
  3. Argentina
  4. Amerika Serikat
  5. Indonesia
  6. Spanyol
  7. Kolumbia
  8. Chili
  9. Italia
  10. Vietnam
(tyo)