2014, Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2015 13:45 WIB
2014, Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta Ilustrasi pengguna Internet di komputer pribadi. (Dok. Startup Stock Photos)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah pengguna internet di Indonesia naik dari 71,9 juta di 2013 menjadi 88,1 juta pengguna hingga akhir 2014, atau sekitar 34,9 persen dari total jumlah penduduk saat ini.

Catatan tersebut dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bekerjasama dengan PusKaKom UI.

Menurut Ketua Umum APJII Semuel A. Pangerapan, pertumbuhan selama tahun 2014 terbilang cukup menyenangkan. “Pertumbuhan ini menggembirakan, tapi kami berharap semestinya bisa lebih dari itu,” katanya.


Baca juga: Internet Indonesia Makin Lelet di Kuartal Empat 2014

Menurut Sammy, panggilan akrabnya, dengan hasil tersebut maka kalau mengacu pada standard Millenium Development Goals (MDG’s) yang mensyaratkan pada 2015 minimal 50 persen penetrasi (separuh dari total penduduk), maka tahun ini pemerintah bersama pihak swasta termasuk APJII berkewajiban meningkatkan pertumbuhan 15,1 persen.

“Itu berat, dan mungkin hanya akan mencapai 41-42 persen," tambah Sammy di kantor sekretariat APJII di Jakarta, Kamis (26/3).

Dari seluruh pertumbuhan itu Sammy menilai kenaikan pertumbuhan masih didominasi oleh pengguna internet dari perangkat mobile dengan angka berkisar 20 persen. Sementara pengguna Internet dari kabel dinilai tak banyak bertambah.

"Pengguna mobile mendominasi dengan jumlah 85 persen," tambah Sammy.

Dilihat dari domisilinya, 78,5persen dari total seluruh pengguna internet di Indonesia tinggal di wilayah Indonesia bagian Barat. Sebagai tambahan, pengguna internet ini didominasi oleh mereka yang tinggal di wilayah urban Indonesia.

Jika dilihat dari usia, terlihat bahwa pengguna internet di Indonesia didominasi usia 18-25 tahun, yaitu hampir setengah dari total jumlah pengguna internet di Indonesia (49 persen). Artinya, dapat dikatakan bahwa segmen pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang termasuk ke dalam kategori generasi millenial atau “digital natives.” (adt)