Hobi Netizen Indonesia, Buka Medsos dan Cari Informasi

Trisno Heriyanto , CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2015 17:28 WIB
Hobi Netizen Indonesia, Buka Medsos dan Cari Informasi Ilustrasi pengguna Internet di komputer tablet. (Thinkstock/DragonImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna Internet di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dan sebagian besar aktivitas di Internet ini dimanfaatkan untuk membuka layanan jejaring sosial serta mencari informasi dari mesin pencari.

Berdasarkan catatan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), hingga akhir 2014 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 88,1 juta jiwa. Naik sekitar enam persen dari 2013 dengan 71,9 juta pengguna.

Menurut Semuel A. Pangerapan, Ketua Umum APJII, peningkatan tersebut tak lepas dari semakin populernya media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instragram dan sejenisnya. Hal ini terlihat jelas dari survei yang pernah dilakukan asosisi tersebut.

Baca juga: Pengguna Internet Indonesia Capai 88,1 Juta

APJII bersama PusKaKom UI melakukan survei terhadap 7.000 pengguna internet dari berbagai provinsi, dua ribu di antaranya diberikan pertanyaan yang lebih detail menggenai apa saja yang mereka lakukan dengan internet.

Sebanyak 87,4 persen dari total koresponden mengaku gemar mengakses media sosial, kemudian 68,7 persen dari mereka juga senang melakukan riset atau mencari data dan informasi lewat mesin pencari.

Menggunakan Internet untuk memakai pesan instan dan mencari berita terkini sama-sama diakui oleh 59 persen pengguna, sedangkan untuk melakukan jual beli online ada sekitar 11 persen dari total keseluruhan.

“Tapi cuma 0,1 persen dari pengguna jual beli online yang melakukan transaksi di e-commerce sebenarnya,” ujar Semuel, atau yang biasa dipanggil Sammy.

Dari survei tersebut juga terlihat bahwa kebanyakan pengguna Internet di Indonesia berusia 18-25 tahun, atau sekitar 49 persen dari total keseluruhan. Sedangkan usia 22-26 hanya berkisar 33 persen.

Kebanyakan pengguna Internet di sini memiliki kesibukan sebagai karyawan atau wiraswasta. Tepat di bawahnya adalah mahasiswa dan ibu rumah tangga berada di posisi ketiga. Tapi yang menarik adalah, enam persen dari seluruh pengguna Internet mengaku tidak memiliki kesibukan, alias pengangguran.

“Mungkin mereka pakai Internet buat cari kerja,” kelakar Sammy. (adt)