Mark Zuckerberg Komentari Internet Gratis di Indonesia

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 17/04/2015 16:52 WIB
Indosat baru saja meresmikan program internet gratis dengan memanfaatkan layanan internet.org. Bos Facebook lantas bicara mengenai program tersebut. Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, berbicara tentang efisiensi penggunaan akses internet di lokakarya Internet.org di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (13/10) (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indosat baru saja meresmikan program internet gratis dengan memanfaatkan layanan internet.org. Bos Facebook lantas bicara mengenai program tersebut.

Melalui status di akun Facebook-nya, Mark Zuckerberg mengungkapkan kegembiraanya mengenai peresmian program internet gratis Indosat dengan internet.org.

"Kami baru saja meluncurkan program internet.org di Indonesia. Ini adalah langkah baru untuk menghubungkan seluruh dunia," tulis Zuckerberg.
Untuk sementara akses internet gratis melalui internet.org hanya bisa dirasakan oleh pelanggan kartu SIM Indosat IM3, Mentari, dan Matrix.


Agar dapat menikmati layanan ini, pelanggan Indosat dapat mengakses situs web www.internet.org atau dengan mengunduh aplikasi Internet.org di toko aplikasi Google Play Store untuk perangkat Android.

Sejumlah layanan di internet yang bisa diakses tanpa pulsa ini adalah, Facebook, Wikipedia, Ask.com, Accuweather, Jobstreet, OLX, Tokopedia, hingga informasi kesehatan di situs web Unicef.

Internet.org memang salah satu program yang digagas Zuckerberg. Bahkan beberapa waktu lalu ia menyempatkan datang langsung ke Indonesia demi memperkenalkan program tersebut.

"Tahun lalu saya berkesempatan untuk datang ke Indonesia untuk menegaskan upaya kami menghubungkan lebih banyak orang. Di sana saya sempat datang ke Kampoeng Cyber, desa siber di Yogyakarta," isi status Zuckerberg.

Meski begitu, tak semua pihak senang dengan internet.org. Sejumlah organisasi yang sebelumnya mendukung proragm tersebut akhirnya memilih mundur, mereka adalah Cleartip, NDTV, Newshunt, dan Times Group yang menyatakan undur diri.

Mereka yang mundur menganggap internet.org bertentangan dengan konsep netralitas jaringan di internet. Menurut Columbia University, netralitas jaringan adalah asas dari penyedia layanan Internet dan pemerintah dalam memfasilitasi semua data di dalam Internet secara seragam, tanpa ada diskriminasi.



(eno)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK