Begini Cara Manusia Terbang Mengudara

Susetyo Dwi Prihadi | CNN Indonesia
Jumat, 15 May 2015 11:17 WIB
Sukses mengudara di langit Dubai, bagaimana cara dua manusia terbang ini bisa lepas bebas seperti burung. Manusia terbang di Dubai (Dok. Akun Twitter @jetmandubai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Langit cerah yang menggelayut di gedung ikonik Bruj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab, mendadak semakin riuh dengan penampakan manusia sedang terbang dengan sayap menempel di punggungnya.

Ya, manusia terbang itu adalah Yves Rossy dan Vince Reffet. Datang dari latar belakang berbeda, keduanya mempunyai mempi yang sama, yakni terbang bebas layaknya burung. Baca juga: Aksi Gila Manusia Terbang

Mimpi mereka pun diwujudkan oleh XDubai Managing Director, Ismaeil Al Hashmi. Ketiganya terlibat sebuah proyek fenomenal yakni membuat jet yang bisa dipakai manusia dan mereka menyebutnya sebagai Jetman.


Dua manusia ini bisa terbang layaknya Iron Man, namun armor yang mereka pakai tak sesederhana dipakai oleh Tony Stark dalam Komik Marvel tersebut. Karena nyatanya, 'Jetman' memanggul mesin di punggungnya.

Dari kejauhan bentuknya memang seperti paralayang, orang bisa terbang dengan bantuan sayap agar bisa mengudara. Namun bedanya, paralayangnya terbentuk secanggih mungkin.

Dikutip dari situs resminya, sayapnya mempunyai lebar sekitar dua meter yang bentuknya meyerupai sayap pesawat terbang. Sayapnya sendiri mempunyai bobot tak kurang dari 55 kilogram.

Sayapnya memang berguna untuk bermanuver dan menyeimbangkan di atas awan. Sementara sebagai pendorong tenaganya dipasangkanlah empat mesin jetcat P200 yang dibagi dua di kedua sisinya.

Mesin ini yang berfungsi sebagai tenaga dan mempunyai bobot sekitar 22 kilogram. Sehingga kedua pilot tersebut dipastikan memanggul lebihd ari 77 kilogram baju zirah tersebut.

Sementara soal kemampuannya sudah cukup lumayan, karena mampu terbang dengan kecepatan rata-rata 250 kilometer perjam dan mampu terbang antara enam sampai 13 menit di angkasa.

Tak seperti pesawat yang bisa lepas landas, untuk bisa mengudara manusia terbang ini membutuhkan pesawat atau helikopter lain untuk terbang. Seperti melakukan terjun payung.Parasut juga digunakan saat dua pilot ini akan menjejakkan kaki di tanah atau mendarat.

"Terbang merupakan mimpi manusia yang sudah lama, dan kita tidak berhenti hingga bisa mewujudkannya, terbang seperti burung," kata Rossy dalam sebuah video yang diunggah di YouTube. Dan berikut video aksi gilanya.
[Gambas:Youtube]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER