Opera Sebut Punya Visi Sama Seperti Internet.org

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Kamis, 21/05/2015 08:43 WIB
Program yang serupa Internet gratis dari Facebook, Internet.org, juga dimiliki perusahaan peramban Opera. Tampilan antarmuka aplikasi Sponsored Web Pass dari Opera Software yang menyediakan akses Internet gratis kepada pengguna ponsel fitur di Indonesia. (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Inisiasi Internet gratis Internet.org dari Facebook telah diterapkan di sejumlah negara di dunia, Indonesia salah satunya. Program serupa juga diluncurkan oleh perusahaan peramban web Opera, yaitu Sponsored Web Pass.

"Kami punya visi yang mirip dengan Internet.org hasil prakarsa Facebook itu. Kami sama-sama ingin mengaktifkan masyarakat yang 'buta' Internet agar pengguna Internet itu semakin bertambah," ujar Growth Director Opera, Ivollex Hodiny saat berbincang dengan CNN Indonesia di Jakarta, Rabu (20/5).

Hodiny mengatakan, baik Internet.org maupun Opera Web Pass semuanya secara bersamaan ingin memberikan akses Internet kepada masyarakat agar mereka memperoleh pengetahuan dan informasi lebih baik. Ia tak menganggap hal ini sebagai bentuk persaingan lantaran sama-sama fokus pada tujuan 'mulia'.


Opera Web Pass ini merupakan hasil kerjasama Opera dengan produsen ponsel Tanah Air, Evercoss, dan operator Telkomsel.

Hodiny juga mengungkapkan program ini baru pertama kali ia selenggarakan bersama dengan vendor perangkat ponsel. Sebelumnya, Opera sudah memberikan layanan Internet gratis di Turki.

"Kami pilih Indonesia karena negara ini adalah pasar terbesar Opera di Asia Tenggara dan kedua terbesar di dunia setelah India. Kami harap setidaknya bisa menggaet 200 ribu pengguna dalam tahap awal program Internet gratis ini selama dua minggu," sambung Hodiny.

Melalui Web Pass dari Opera ini, semua pengguna feature phone yang berlangganan Telkomsel bisa mengaktifkan layanan akses data Internet gratis sebesar 15 MB dalam waktu tiga jam per hari dalam kurun waktu dua pekan.

Opera mengklaim sejauh ini memiliki sekitar 30 juta pengguna aktif di Indonesia dan berharap angka tersebut bisa terus bertambah seiring program Internet gratis ini berjalan.
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK