Cacing Juga Bermunculan di Texas, Berbaris di Jalan Tol

Deddy S, CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2015 14:59 WIB
Cacing Juga Bermunculan di Texas, Berbaris di Jalan Tol Kerumunan cacing berbaris di jalan tol di Eisenhower State Park. (Dok. Eisenhower State Park/Via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di Texas, Amerika Serikat, juga ditemukan cacing-cacing yang bermunculan dari tanah. Anehnya, mereka seperti berkerumun dan ‘berbaris’ di garis tengah jalan tol.

Kawasan tempat kemunculan cacing itu memang baru saja dilanda banjir besar baru-baru ini. Tapi kemunculan cacing dan posisinya yang ‘berbaris’ itu menimbulkan tanda tanya tersendiri.

Ribuan cacing berkerumun dalam kelompok-kelompok, persis spageti, di Eisenhower State Park di Denison, Texas. Ranger di taman itu mengatakan, cacing-cacing itu membentuk barisan kerumunan cacing di tengah jalan, di garis pemisah.


“Kami masih bertanya-tanya, mengapa mereka berbaris di tengah jalan,” kata Ben Herman, pengawas taman itu, kepada ABC News.

Kemunculan cacing dari dalam tanah bukanlah hal baru. Selain pengaruh musim penghujan, ada juga kasus kemunculan cacing sebelum terjadinya gempa bumi. (Baca: Mengapa Kemunculan Cacing Meresahkan Warga Yogyakarta?)

Tapi kemunculan cacing di Texas ini aneh betul. Ada yang menduga itu ada kaitan dengan banjir dan posisi jalan raya yang memang paling tinggi dari area sekitarnya. Dan garis tengah jalan raya adalah area tertinggi di jalan itu.

Cacing disebut memang suka berkumpul dalam kelompok besar dan saling berkomunikasi melalui kontak tubuh. Mereka cenderung berkerumun secara massal ketika ada kondisi yang tak semestinya dan mencari tempat yang aman bersama-sama.

(ded/ded)