Enam Aplikasi Android untuk Teman Berpuasa

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 18/06/2015 12:07 WIB
Enam Aplikasi Android untuk Teman Berpuasa Ilustrasi pengguna ponsel pintar. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Umat Islam di Indonesia akan mulai menjalani ibadah puasa tahun 2015 ini pada Kamis (18/6) yang ditentukan sebagai tanggal 1 Ramadan 1436 H oleh pemerintah. Di era digital seperti sekarang, umat Islam dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi digital ponsel pintar yang bisa jadi "teman" selama berpuasa sebulan nanti.

Untuk pengguna perangkat Android, di toko Google Play Store ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai bekal informasi jadwal imsak, jadwal salat, bacaan Al-Quran, dan bacaan bermanfaat lain.

Dari sekian banyak aplikasi, CNN Indonesia coba memilih beberapa aplikasi Android yang berguna selama Anda berpuasa. Berikut daftarnya:


1. Alarm Adzan Sholat dan Kiblat

Aplikasi buatan perusahaan pengembang GITS asal Indonesia ini membantu mengetahui jadwal shalat dan imsakiyah untuk umat Islam di Indonesia. Pengguna dapat memasang alarm serta mengetahui arah kiblat salat.

2. Muslim Pro - Ramadan 2015

Muslim Pro bisa disebut sebagai aplikasi yang paling populer di kalangan umat Islam untuk mendukung aktivitas ibadah. Pengembangnya mengklaim aplikasi mereka memiliki jadwal salat paling akurat.

Muslim Pro menyajikan berbagai informasi yang berguna seperti penunjuk kiblat, hingga Al-Quran 30 Juz lengkap dengan terjemahan, audio, dan lafalnya. Terjemahan bahasa Indonesia pun disertakan di sini.

3. Al'Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi yang berisi surat-surat Al-Quran 30 Juz lengkap dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang rapi.

4. Kalkulator Zakat

Aplikasi ini dapat membantu Anda menghitung berapa zakat yang perlu dikeluarkan dari harta setahun, zakat profesi setahun, dan zakat usaha setahun jika Anda memiliki perusahaan. Penilaian didasarkan pada harga emas terkini melalui layanan Yahoo Finance.

5. Doa & Zikir

Bulan suci merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Selepas salat, mengapa tidak luangkan waktu untuk berzikir dengan memanfaatkan aplikasi Doa & Zikir.

6. Masjidku

Ini merupakan aplikasi jejaring sosial yang menghubungkan pengelola masji dengan para jemaah. Ia dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan dakwah, mengelola kegiatan keagamaan, serta pelaporan infak dan sedekah secara langsung melalui fitur Infaq Online.

Yang menarik, Masjidku dapat dimanfaatkan untuk mencari masjid terdekat di lingkungan pengguna untuk sesegera mungkin menjalankan salat di mana pun mereka berada.

(adt/eno)