Alasan Tarif Data Telkomsel Dipatok per Zona

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2015 14:09 WIB
Alasan Tarif Data Telkomsel Dipatok per Zona
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel menetapkan tarif data atau internet per kawasan ke dalam tiap-tiap zona yang berbeda. Tentu ada alasan tersendiri mengapa operator terbesar di Indonesia mematok harga internet yang agak berbeda dibandingkan kompetitor lainnya.

Dijelaskan oleh VP Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati bahwa saat ini telah terjadi perubahan perilaku pelanggan dimana terdapat semakin banyak pelanggan yang membutuhkan layanan telekomunikasi berbasis data untuk kegiatan sehari-harinya.

Berangkat dari situ yang mendorong Telkomsel untuk terus melakukan pembangunan jaringan hingga ke berbagai daerah di Indonesia termasuk ke Timur Indonesia seperti Maluku dan Papua guna menjamin ketersediaan layanan data yang prima bagi pelanggan.


Skema tarif data Telkomsel berdasarkan zona (Dok.Telkomsel)
Hal ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi lebih banyak lagi masyarakat untuk menikmati layanan data dimanapun pelanggan Telkomsel berada.

"Penggelaran jaringan Telkomsel ke berbagai daerah di Indonesia memiliki besaran biaya yang berbeda-beda, akibat dari berbedanya tingkat kesulitan dan komponen biaya lainnya yang dibutuhkan untuk menggelar infrastruktur jaringan di lokasi tersebut," Adita memberikan alasan, seperti CNN Indonesia kutip dari keterangan resminya.

Berdasarkan hal ini, maka Telkomsel menerapkan pembagian tarif data berdasarkan zona sesuai dengan besaran biaya yang dibutuhkan untuk penggelaran jaringan di suatu lokasi.

Baca: Tarif Internet Kemahalan, Pelanggan Telkomsel Teriak

Adita menambahkan, alasan penetapan zona tersebut karena komponen penggelaran jaringan, seperti 3G maupun 4G tidak hanya meliputi biaya pembangunan BTS, namun juga biaya pemeliharaan sehari-hari. Dan biaya tersebut cukup tinggi di bagian Timur Indonesia seperti di Papua.

"Telkomsel saat ini merupakan satu-satunya operator seluler yang konsisten membangun jaringannya hingga ke berbagai daerah dan pelosok Indonesia. Telkomsel pun konsisten membangun, berbagi dan melayani Indonesia Timur.

Totalitas pelayanan Telkomsel salah satunya ditunjukkan dengan pembukaan kantor regional di Papua dimana Telkomsel hadir memberikan pelayanan terbaik, dengan segala biaya dan keterbatasan yang ada." katanya.

Terkait Petisi Online

Penetapan tarif data per zona yang membuat tarif internet berbeda di beberapa kawasan di Indonesia Timur membuat salah satu pelanggan tersebut mencetuskan petisi yang bertajuk "Internet Untuk Rakyat, Save Telkomsel".

Adita menganggap petisi tersebut merupakan sebagai bentuk perhatian sekaligus feedback bagi Telkomsel.

Baca: Petisi untuk Telkomsel: Turunkan Tarif Internet

"Masukan ini akan kami jadikan perhatian Utama agar dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat khususnya pelanggan kami di daerah timur Indonesia. Kami ucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kesetiannya dalam menggunakan layanan." Adita, menandaskan.

(tyo/eno)