Gojek, Si Penghubung Penumpang dan Ojek Motor

Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2015 10:03 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek terus mendapat traksi dari pengguna di wilayah operasional. Layanan berbasis aplikasi ini memperluas layanannya pada jasa kurir hingga pembelian makanan.

Gojek pertama kali diluncurkan pada 2011 dan awalnya hanya melayani panggilan ojek motor via telepon. Aplikasi Gojek kemudian diluncurkan untuk perangkat Android dan iOS oleh PT Go-jek Indonesia pada Januari 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sekitar enam bulan beroperasi mengandalkan aplikasi di ponsel pintar, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim ini, tumbuh cepat memiliki 10 ribu mitra pengojek motor di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan mencapai prestasi 1 juta order pada 6 Juli 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Para pengojek mengandalkan aplikasi Gojek Driver yang berbeda dengan aplikasi Gojek untuk konsumen. Aplikasi Gojek Driver terhubung dengan nomor ponsel pengojek yang juga menjadi rekening berbasis nomor ponsel untuk menarik tunai uang di bank. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Seorang pengemudi mitra Gojek menerima panggilan telepon dari calon penumpang yang memesan layanan ini di kawasan Jakarta Timur, Selasa, 4 Agustus 2015. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Setiap pengemudi mitra Gojek wajib membawa dua helm untuk dirinya dan penumpang karena mengutamakan keselamatan berkendara. Selain helm, pengemudi juga wajib memberikan masker dan sarung kepala untuk penumpangnya. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pengemudi Gojek menjemput penumpang di kawasan Jalan Saharjo, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Agustus 2015. Mereka identik dengan helm dan jaket berwarna hijau. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Pengemudi Gojek mengantar penumpang menuju Kawasan Niaga Terpadu Sudirman, Jakarta Pusat, 9 Juni 2015. Gojek dinilai sebagai salah satu solusi menembus kemacetan kota Jakarta yang dihuni oleh 10 juta penduduk. (Reuters/Beawiharta)
Selain jasa transportasi, Gojek juga menyediakan layanan kurir instan (Instant Courier), pembelian makanan (Go-food), dan layanan belanja (Shopping). Gojek mengambil langkah promosi dengan memberi subsidi ke pengojek dan potongan besar harga kepada konsumen. (CNN Indonesia/Safir Makki)