Google Bikin Router Wi-Fi untuk Rumah Pintar

Aditya Panji, CNN Indonesia | Rabu, 19/08/2015 17:18 WIB
Google Bikin Router Wi-Fi untuk Rumah Pintar Google terus memperluas bisnis untuk mewujudkan konsep rumah pintar. (Thomas Hawk/Flickr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google kembali memperluas bisnis pada perangkat konsumen dengan meluncurkan router Wi-Fi guna mewujudkan ide rumah pintar dan menarik pelanggan untuk memakai lebih banyak layanan Google, Selasa (18/8).

Perangkat itu diberi nama OnHub dengan bentuk silinder. Harga yang dibanderol untuk produk ini senilai U$ 199,99 di toko retail dan toko online di Amerika Serikat.

Untuk memproduksinya, Google bermitra dengan produsen jaringan telekomunikasi TP-Link. Terbuka pula kemungkinan agar Asus bisa menjadi mitra manufaktur kedua untuk OnHub.


Dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, Google mengatakan router ini dilengkapi dengan antena yang mampu memindai gelombang frekuensi dan memprioritaskan agar memberi koneksi Internet tercepat kepada konsumen.

Perusahaan menargetkan alat ini dapat mendukung aktivitas memakai Internet seperti mengunduh konten hingga streaming video.

Router ini dapat dihubungkan dengan aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Aplikasinya antara lain dapat memeriksa jaringan dan melacak penggunaan bandwidth.

Perangkat OnHub akan mendapat pembaruan peranti lunak berkala untuk fitur baru dan peningkatan keamanan.

Google, yang kini berada di bawah induk perusahaan Alphabet, terlihat serius untuk mewujudkan bisnis rumah pintar.

Hal ini terlihat dari langkah Google mengakuisisi Nest Labs tahun 2014 lalu senilai US$ 3,2 miliar. Perusahaan tersebut didirikan oleh Tony Fadell. Ia dikenal sebagai "bapak" dari alat pemtar musik digital iPod karena punya peran besar dalam pengembangan iPod generasi pertama di Apple.

Produk andalan Nest Labs saat ini adalah termostat cerdas berbentuk bulat dan terhubung dengan Internet. Ia dapat mengatur suhu secara otomatis yang bekerja berdasarkan perubahan suhu, serta memelajari kebiasaan pengguna.

Nest Labs juga punya produk detektor asap dan kamera keamanan yang diluncurkan Juni lalu. (adt/eno)