Onrust Pinhole Rilis Kamera Kayu Jati Generasi Kedua

Deddy S, CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2015 15:37 WIB
Onrust Pinhole Rilis Kamera Kayu Jati Generasi Kedua Kamera Lubang Jarum Onrust Pinhole (Dok. Onrust Pinhole)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anda tahu kamera lubang jarum? Ini adalah jenis kamera sederhana tanpa lensa yang hanya memiliki satu Aperture yang sangat kecil. Bentuk sederhananya adalah sebuah kotak kedap cahaya dengan satu lubang kecil di salah satu sisinya.

Semakin kecil lubangnya semakin tajam gambar yang dihasilkan. Tapi hasilnya pun semakin redup. Secara optimal, ukuran Aperture harus 1/100 atau kurang dari jarak antara kamera dengan gambar yang direkam.

Baru-baru ini Onrust Pinhole, salah satu pembuat kamera lubang jarum, telah memperbarui lini produknya dengan kelahiran kamera generasi kedua. Perusahaan itu membuat Onrust Pinhole dari bahan dasar kayu jati hasil limbah furnitur rumah tangga.


Seperti pendahulunya, Pinhole Camera merekam visual dengan menggunakan format film 35mm. Setiap pembeli akan mendapatkan kotak kemasan kamera yang bisa dirakit lagi menjadi kamera lubang jarum dengan ukuran lebih besar.

“Kami hanya ingin menyampaikan bahwa membuat kamera itu sangat mudah,” kata Arie Haryana, pembuat Onrust Pinhole, kepada CNN Indonesia, Selasa (22/9).

Spesifikasi kamera itu adalah: body berbahan dasar kayu jati. Panjang focal 25mm, Aperture f119, dan fitur Multi-Image View. Selain itu, ia memakai film 35 mm dan ada soket untuk tripod.

Kamera ini sudah mulai dijual melalui berbagai website dan sosial media pada Senin (21/9) kemarin.
Foto hasil jepretan kamera lubang jarum. (Dok. Arie Haryana)

Arie mengatakan, pembuatan Onrust Pinhole merupakan inovasi yang mengedepankan empati kepada usaha kecil dan menengah (UKM) lokal di Bandung. Dia mengakui masih banyak kelemahan pada produk mereka.

Meski begitu, dibandingkan generasi pertama, sudah ada beberapa perbaikan pada generasi kedua. Seperti desain yang lebih mengedepankan estetika dan komponen yang digunakan. (ded/ded)


BACA JUGA