Selain Apple, Jokowi Juga akan Temui Google dan Facebook

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2015 11:00 WIB
Selain Apple, Jokowi Juga akan Temui Google dan Facebook Ilustrasi (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Indonesia Joko Widodo akan menemui CEO Apple dan Google saat melakukan lawatan di Amerika Serikat.

Jokowi berencana akan melakukan kunjungan kerja selama lima hari dari Washington ke San Francisco, dimulai 25 Oktober 2015. Kunjungan ini dikabarkan akan membahas masalah investasi.

Jokowi dijadwalkan bakal menemui Tim Cook, CEO Apple saat makan malam. Keduanya akan melakukan perbincangan terkait penggunaan bahan metal iPhone dan produk Apple lainnya yang diambil dari Indonesia.



“Apple ingin berinvestasi dalam industri timah di Bangka Belitung. Mereka ingin mendapatkan timah langsung dari sumbernya,” kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, dikutip dari CNBC.

Selain menemui CEO Apple, Jowoki juga akan berkunjung ke markas Google untuk membicarakan soal akses internet di Papua dan wilayah pelosok lainnya di Indonesia.

Ada juga rencana untuk menjumpai petinggi Facebook dan Microsoft untuk membicarakan soal kemungkinan kerja sama di bidang pendidikan.

Namun agenda utama lawatan Jokowi ke Amerika Serikat adalah menemui pejabat tinggi Amerika Serikat untuk membicarakan soal kelanjutan kontrak tambang emas yang dikelola Freeport.

“Kami meliat ada perubahan positif terhadap lingkungan investasi di Indonesia,” kata Lin Neumann, managing director American Chamber of Commerce di Indonesia usai pertemuan tertutup dengan para Menteri.

(eno/tyo)