Google Rekam Semua Ucapan di 'Ok Google'

Marry Marsela, CNN Indonesia | Senin, 19/10/2015 15:17 WIB
Tanpa disadari ternyata Google telah merekam semua ucapan pengguna yang menggunakan fitur Ok Google. Apa alasannya? Ilustrasi (LDProd/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Search dalam keseharian kita bagaikan tempat aliran informasi. Google Search telah menampung berbagai pemikiran, rasa ingin tahu, atau sekedar pertanyaan 'iseng' kita.

Tapi jangan salah, Google selalu menyimpan data dari setiap pencarian yang kita lakukan, salah satunya untuk kepentingan periklanan.

Bahkan, Google juga ternyata menyimpan semua rekaman suara dari pertanyaan yang kita ajukan melalui fitur suara Google, yaitu OK Google.



Seperti dikutip dari quartz.com, Google meluncurkan portal baru untuk semua aktivitas yang berhubungan dengan Google Account. Portal ini memberikan fasilitas kepada pengguna agar bisa melakukan pengaturan privasi, melihat hal-hal apa saja yang telah Anda cari, dan rincian lokasi Anda ketika mengkases Google. The Guardian juga menyatakan bahwa seluruh rekaman suara pengguna pun ternyata disimpan oleh Google.

Namun, jangan khawatir. Semua rekaman suara pengguna ini hanya bisa didengar oleh Anda sendiri. Pengguna juga bisa menghapus semua rekaman jika memang menginginkannya.

Berikut ini adalah cara mendengarkan dan menghapus rekaman suara Anda:
1. Masuk ke history.google.com.
2. Klik ikon yang berada pada pojok kiri atas halaman.
3. Pilih “Voice & Audio Activity”.
4. Anda bisa melihat dan mendengar semua rekaman-rekaman suara Anda.
5. Selanjutnya, Anda bisa memilih rekaman suara mana yang ingin Anda hapus.
6. Berhenti menggunakan fitur suara Google dengan menonaktifkan Voice Activity.

Jadi, sekarang Anda bisa mendengar rekaman suara berbagai pertanyaan atau celotehan konyol Anda selama ini. Sangat memungkinkan Google menggunakan rekaman-rekaman suara yang ada untuk memperbaiki algoritma bahasa sehingga ke depannya Google dapat mendeteksi berbagai aksen yang ada.

Perlu diingat, menonaktifkan Voice Activity pada Google bukan berarti Google akan berhenti merekam suara Anda. Namun, suara Anda akan tetap terekam tanpa identitas dan tidak bisa diidentifikasi dari akun Anda. Bila Anda ingin Google sama sekali tidak merekam suara Anda, setidaknya ada satu solusi, berhenti berbicara melalui fiturnya.

(eno)