Ke AS, Rudiantara Bawa Gojek, Tokopedia dan Kaskus

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2015 21:30 WIB
Ke AS, Rudiantara Bawa Gojek, Tokopedia dan Kaskus CEO Gojek Nadiem Makarim akan dibawa ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan perusahaan teknologi di sana (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu agenda kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat adalah mempertemukan pelaku e-commerce Indonesia dengan raksasa teknologi Silicon Valley.

Rudiantara saat dijumpai di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (20/10) menyatakan, ia berencana memboyong startup, UKM, dan perusahaan kategori established ke lembah silikon itu.

"Saya bakal ajak Nadiem (CEO Gojek), William (Tanuwijaya) dari Tokopedia, Andrew-nya Kaskus ke sana. Semuanya bertujuan untuk memperkaya roadmap e-commerce yang sudah dipersiapkan," tutur Rudiantara kepada awak media.


Bisa dikatakan, peran Rudiantara sebagai pihak pemerintah Indonesia adalah menjadi jembatan pelaku e-commerce dengan perusahaan teknologi AS. Nantinya diharapkan bisa terjalin koneksi yang erat dan bisa membahas soal pendanaan secara bisnis.

Yang jelas menurut penuturan Rudiantara, ia bakal mengunjungi Google, Facebook, dan Apple. "Secara garis besar kemungkinan akan membahas peluang investasi mereka di sini," ujarnya.

Selain itu, ia juga bakal menemui diaspora Indonesia yang tinggal di Silicon Valley, yang memang ingin kembali ke Tanah Air untuk berkontribusi di pasar lokal.

Diketahui kunjungan Rudiantara bersama Presiden Jokowi ke Amerika Serikat berlangsung dari 25 Oktober sampai 28 Oktober 2015. Dalam agendanya, Jokowi akan ke New York dan San Francisco.

Bahkan disebutkan oleh Menkopolhukam Luhut Pandjaitan, ada kemungkinan Jokowi akan makan malam bersama dengan CEO Apple Tim Cook. Dikabarkan, akan ada perbincangan antara Apple terkait investasi di Bangka Belitung. (tyo)