Pesan Jokowi ke Menkominfo untuk Bos Silicon Valley

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2015 10:08 WIB
Pesan Jokowi ke Menkominfo untuk Bos Silicon Valley Menkominfo, Rudiantara. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo secara mendadak mempersingkat kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat. Dia pun membatalkan sejumlah agenda di San Francisco untuk bertemu dengan sejumlah petinggi perusahaan teknologi di Silicon Valley.

Jokowi merasa perlu untuk pulang ke Indonesia lebih cepat dari yang dijadwalkan, karena ingin meninjau secara langsung penanggulangan bencana asap. Pertemuan di San Francisco pun tetap akan dilanjutkan dengan pendelegasian kepada menteri-menteri terkait. Baca juga: Batal ke Silicon Valley, Jokowi Pilih Tangani Asap

"Untuk acara ke Pantai Barat/West Coast berkaitan dengan kerja sama teknologi informasi dan ekonomi kreatif, saya tugaskan Menkominfo, Mendag, Kepala BKPM, Kepala Badan Ekonomi Kreatif dan bertemu dengan CEO di sana," kata Jokowi, di Blair House, Washington DC, seperti dikutip dari laman Sekertaris Presiden.



Sebagai gantinya, Jokowi mendelegasikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk menemui sejumlah bos perusahaan teknologi di Silicon Valley. Kepada CNN Indonesia, Rudiantara mengatakan “saya proceed ke West Coast sesuai jadwal sebelumnya” tepatnya di kota San Francisco mulai 28 Oktober 2015.

"Meeting dengan VCs, pertemuan dengan diaspora, pertemuan dengan komunitas para inkubator, pertemuan dengan Microsoft, Google, Facebook, dan Apple," kata Rudiantara, Selasa (27/10).

Dalam pertemuan tersebut Rudiantara juga mengajak sejumlah pendiri dan petinggi perusahaan digital Indonesia yang punya potensi besar untuk tumbuh. Mereka adalah Nadiem Makarim dari Gojek, William Tanuwijaya dari Tokopedia, Ferry Unardi dari Traveloka, Andrew Darwis dari Kaskus, Yansen Kamto dari Kibar, dan Emirsyah Satar dari MatahariMall.

"Bersama industri di Indonesia kami mempunyai visi tentang 1.000 technopreuner sampai 2020. Kami akan lihat bagaimana Silicon Valley menjalankan ekosistemnya, antara lain yang berkaitan dengan mentors network, talent pool, events, patent filings, dan lain-lain,” tutur Rudiantara.

Sebelum tidak ada pembatalan, Di San Francisco, Jokowi akan memulai hari pada tanggal 28 Oktober 2015 dengan melakukan pertemuan dengan Komunitas Silicon Valley dan Peresmian Palapa Ventur Capital. Di sini diketahui sebagai ajang untuk mempertemukan pelaku industri kreatif Indonesia dengan para calon investor.

Dijadwalkan juga, Jokowi yang ditemani Menkominfo Rudiantara makan siang bersama dengan CEO Ekonomi Kreatif di Negeri Paman Sam tersebut. Baru sore harinya mantan Gubernur Jakarta ini akan blusukan ke sejumlah raksasa perusahaan teknologi.


Pukul 17.00 waktu setempat, selama satu jam, Jokowi akan berkunjung ke Plug and Play Tech Center.

Berikutnya, Jokowi dan para menteri akan menghampiri markas pusat Google selama satu jam. Di sana akan bertemu dengan petinggi dari perusahaan yang dikenal sebagai pembesut mesin pencari dan sistem operasi Android.

Pertemuaan hari itu akan ditutup dengan makan malam dari pukul 18.00 sampai dengan 20.00 bersama CEO Apple Tim Cook.

(adt/tyo)