Menkominfo Ditemani Gojek dkk Temui Investor Startup AS

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2015 00:40 WIB
Pertemuan delegasi Indonesia dengan komunitas teknologi AS ini dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Rombongan pemerintah Indonesia dan pendiri perusahaan berbasis Internet menggelar pertemuan dengan lima perwakilan dari perusahaan pemodal ventura Amerika Serikat di Hotel Four Seasons, Palo Alto, California, pada Rabu pagi, 28 Oktober 2015. (Dok. Kementerian Komunikasi dan Informatika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Agenda pertemuan pemerintah Indonesia dengan komunitas dan pemimpin perusahaan teknologi Amerika Serikat telah dimulai pada Rabu (28/10) pagi waktu California, dan agenda pertamanya adalah bertemu dengan lima perusahaan pemodal ventura ternama di Hotel Four Seasons, Palo Alto.

Pertemuan dengan komunitas teknologi AS ini dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Pejabat lain yang hadir adalah Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Pada kesempatan ini, pemerintah mengajak sektor swasta yang terdiri atas pendiri dan petinggi perusahaan berbasis Internet Indonesia. Mereka adalah Nadiem Makarim dari Gojek, William Tanuwijaya dari Tokopedia, Ferry Unardi dari Traveloka, Andrew Darwis dari Kaskus, dan Emirsyah Satar dari MatahariMall.


Delegasi dari Indonesia bertemu dengan pemodal ventura yang telah memiliki portofolio perusahaan sukses dalam industri teknologi secara global.

Menurut data yang diterima CNN Indonesia, lima perusahaan pemodal ventura itu adalah Sir Michael Jonathan Moritz dari Sequioa Capital, Mary Meeker dari Kliener Perkins Caufield Briers, Yuri Milner dari Digital Sky Technologies Associates, Kyle Doherty dari Coatue Management, dan Ted Ullyot dari Andreessen Horowitz.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan ekonomi digital sebagai prioritas yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Gedung Putih, Washington, telah mengajak negeri Paman Sam untuk kerja sama dalam bidang ini.

"Indonesia adalah salah satu negara terbesar dalam ekonomi digital dan saya sudah menetapkan ekonomi digital ini menjadi prioritas Indonesia. Dan saya tadi mengajak Amerika untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam hal ekonomi digital ini," ujar Jokowi dalam video yang diunggah Geduh Putih ke YouTube, Senin (26/10).

Setelah bertemu dengan para pemodal ventura, selanjutnya rombongan yang dipimpin Rudiantara ini akan bertemu dengan para petinggi perusahaan teknologi macam Apple, Facebook, Google, dan Microsoft.

Selain itu, di kawasan Silicon Valley ini, delegasi juga berencana melakukan kunjungan ke markas perusahaan Plug and Play yang selama ini berperan memberi konsultasi, inkubasi, akselerasi, sampai memberi pendanaan kepada perusahaan rintisan berbasis Internet di Amerika Serikat.

(adt/ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK