Astronaut Tinggalkan Pesan Tersembunyi di Bulan

Marry Marsela, CNN Indonesia | Senin, 02/11/2015 12:32 WIB
Setelah 43 tahun salah satu astronaut dari misi Apollo 16 yang berhasil mendarat di Bulan, mengaku telah meninggalkan pesan di sana. Setelah 43 tahun salah satu astronaut dari misi Apollo 16 yang berhasil mendarat di Bulan, mengaku telah meninggalkan pesan di sana. (WikiImages/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru-baru ini terungkap bahwa ternyata manusia meninggalkan sebuah pesan tersembunyi di Bulan. Ia adalah Charles Duke, astronaut asal Amerika Serikat sebelum menjalankan misi eksplorasi Bulan bernama Apollo 16.

Setelah 43 tahun berlalu, barulah diketahui bahwa sebenarnya Duke meninggalkan pesan di balik foto keluarga yang ia tinggalkan di permukaan Bulan. Pesan itu berbunyi, “Ini adalah keluarga dari astronaut Charlie Duke dari planet bumi yang berhasil mendarat di Bulan pada 20 April 1972.”

Duke telah berhasil mendarat di Bulan pada 20 April 1972. Duke merupakan astronaut termuda yang berhasil mendarat di Bulan pada usia 36 tahun dalam misi Apollo 16 ini.



Selama mempersiapkaan misi eksplorasinya ke Bulan, Duke mendapatkan pelatihan program Apollo di Florida, sementara keluarganya tinggal di Houston. Rindu kepada keluarga, terutama kedua anaknya membuat Duke terinspirasi untuk meninggalkan foto keluarganya ketika mendarat di Bulan.

“Untuk membuat anak-anak penasaran mengenai apa yang dilakukan ayahnya, saya sempat mengatakan 'Maukah kalian pergi ke Bulan bersama ayah? Kita bisa berfoto sekeluarga sehingga nanti kita semua bisa pergi ke Bulan,” jelas Duke yang ditulis dalam Business Insider.


Duke pun akhirnya membawa foto keluarganya yang bertuliskan pesan tersembunyi di baliknya serta meninggalkan foto tersebut di permukaan Bulan. Tidak hanya itu, Duke juga sempat mengabadikan gambar di mana foto itu berada di atas permukaan satelit bumi ini.

Foto dan pesan ini menjadi tanda bukti bahwa manusia telah berhasil kembali menaklukan Bulan, setelah cetakan jejak astronaut Neil Amstrong yang terkenal pertama kali berhasil menapakkan kakinya di Bulan pada 20 Juli 1969.

“Setelah 43 tahun, suhu di Bulan naik menjadi sekitar 204 serajat celsius dan pada malam hari suhunya bisa turun hingga di bawah 0 derajat celsius. Bungkusan yang melapisi foto saya mungkin tidak dapat bertahan dalam suhu seperti itu. Saat saya letakkan, foto itu terlihat baik, tapi saya tidak akan melihat foto itu lagi dan yang bisa saya bayangkan sekarang adalah foto itu sudah luntur,” tutur Duke.

Sayangnya, saat ini satelit tidak dapat menampilkan gambar yang mampu menunjukkan bagaimana kondisi foto saat ini dikarenakan foto terlihat sebagai objek yang kecil dari satelit.

(eno)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK