Indosat Siap Luncurkan 4G LTE di 15 Kota

Aditya Panji | CNN Indonesia
Kamis, 12 Nov 2015 18:45 WIB
CEO Indosat Alexander Rusli enggan menyebut nama kota yang akan kebagian 4G LTE, tetapi dipastikan layanan ini tersedia komersial di Jakarta. Petugas melakukan perawatan berkala pemancar Indosat, Jakarta, Rabu 12 November 2014. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan telekomunikasi Indosat berencana langsung meluncurkan layanan 4G LTE di 15 kota setelah penataan spektrum 1.800 MHz selesai dilakukan di Jakarta pada akhir November ini.

Presiden Direktur dan CEO Indosat, Alexander Rusli, enggan menyebut nama kota yang akan diluncurkan layanan 4G LTE, tetapi ia memastikan layanan tersebut akan tersedia komersial di Jakarta.

"15 kota itu termasuk kota besar dan kecil. Semua dalam waktu dekat," kata Alexander di sela acara konferensi teknologi di Jakarta, Kamis (12/11).


Menurut rencana, penataan spektrum 1.800 MHz ini akan selesai pada pekan ketiga November. Penataan akan membuat blok frekuensi yang dimiliki oleh operator ditempatkan secara berdampingan, tidak lagi terpisah-pisah, agar mampu memberi layanan maksimal.

Layanan 4G LTE yang diberikan ini, memanfaatkan spektrum 1.800 MHz. Dari sumber daya selulas 20 MHz di spektrum itu, Indosat akan menggunakan 10 MHz untuk 4G LTE, dan 10 MHz lagi digunakan untuk 2G.

Perusahaan juga berencana melakukan agregasi kanal memanfaatkan spektrum 900 MHz untuk 4G LTE. “Di kota-kota yang sudah nyala 4G LTE dengan 900 MHz akan diintegrasikan dengan 1.800 MHz. Itu akan kencang kualitasnya,” tutur Alexander.

Sementara spektrum 2.100 akan tetap digunakan untuk layanan 3G.

Sejauh ini, Indosat telah mengkomersialkan 4G LTE di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bandung, dan Bali, memanfaatkan spektrum 900 MHz, sementara di Balikpapan memakai 1.800 MHz. (adt/tyo)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER