Polisi Australia Gerebek Rumah Diduga Pencipta Bitcoin

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2015 13:03 WIB
Polisi Australia Gerebek Rumah Diduga Pencipta Bitcoin Polisi yang menggerebek rumah yang diduga adalah pencipta Bitcoin (REUTERS/David Gray)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi Australia menggerebek rumah dan kantor di Sydney pada Rabu waktu setempat yang diduga sebagai pembuat uang virtual Bitcoin dan pemilik jutaan dolar cryptocurrency.

Lebih dari selusin petugas polisi memasuki sebuah rumah yang didaftarkan atas nama Craig Steven Wright, yang kemungkinan identitas asli dari Satoshi Nakamoto, sosok digadang-gadang sebagai penemu Bitcoin.

Seorang wartawan yang mendekati rumah yang merangkap sebagai kantor tersebut tak mendapatkan informasi dari pihak berwajib. "Ada sebuah operasi yang terjadi pada saat ini, saya tidak bisa menjawab pertanyaan sekarang," kata salah satu petugas.


Diketahui, di rumah yang merangkap sebagai kantor tersebut terdaftar atas nama dua perusahaan oleh Wright, yakni DeMorgan Ltd dan Panopticrypt Ltd.

Bitcoin selama ini menjadi kontroversi karena dianggap sebagai mata uang virtual pengganti uang dunia maya dan nyata. Identitas Satoshi Nakamoto sendiri telah lama menjadi misteri bagi wartawan dan penggemar Bitcoin yang telah mencoba untuk mengungkapnya.

Penggerebekan polisi di Australia terjadi beberapa jam setelah majalah Wired dan situs teknologi Gizmodo membuat artikel yang mengatakan bahwa penyelidikan mereka menunjukkan Wright, seorang pengusaha dan akademisi, yang paling mungkin adalah pencipta Bitcoin.
(REUTERS/David Gray)

Wright adalah CEO dari DeMorgan Ltd, yang ia gambarkan pada halaman Linkedin sebagai "perusahaan yang terdaftar pra-IPO Australia difokuskan pada mata uang alternatif."

Dari hasil penggrebekan di rumah Wright memiliki sistem komputer yang kuat dan telah terpasang "tiga fase" sistem daya ke bagian belakang rumah untuk daya tambahan

Wired dan Gizmodo melakukan investigasi berdasarkan email , dokumen, dan web arsip yang bocor, termasuk apa yang dikatakan transkrip pertemuan antara Wright dan pejabat pajak Australia.

"Entah Wright menciptakan Bitcoin, atau dia seorang hoaxer brilian yang sangat buruk ingin kita percaya dia yang melakukannya," kata Wired.

Seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai pemilik rumah, Garry Hayres, mengatakan kepada Reuters bahwa Wright dan keluarganya telah tinggal di sana selama satu tahun, dan selesai masa kontraknya pada 22 Desember untuk pindah ke Inggris.

(tyo)